Duocon 2023
Tekno

Tak Hanya Kursus Bahasa, Duolingo Rambah Bidang Musik dan Matematika

  • Duolingo hingga kini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang di Playstore.

Tekno

Bintang Surya Laksana

PENNSYLVANIA - Salah satu platform pembelajaran bahasa secara online yang terkemuka dunia, Duolingo memperkenalkan kursus terbaru, Musik dan Matematika. Kursus baru tersebut didukung oleh metode pengajaran gamifikasi yang telah terbukti efektif. 

Duolingo memperkenalkan pengalaman terbaru ini dalam Duocon 2023 yang dihelat pada 11 Oktober 2023, acara online gratis berskala global terbesar di bidang bahasa, pembelajaran dan teknologi. 

“Duocon adalah perayaan untuk jutaan pembelajar berdedikasi Duolingo di seluruh dunia,” ujar Co-Founder dan CEO Duolingo, Luis Von Ahn dalam keterangan resmi. 

Von Ahn menyatakan perusahaan memiliki komitmen untuk membangun dan memberikan akses universal ke pendidikan terbaik. Dengan perluasan perusahaan ke bidang musik dan Matematika, Von Ahn menganggap perusahaan yang dipimpinnya satu langkah lebih dekat menuju pencapaian tujuan tersebut.

Dalam sesi talkshow, Co-founder dan CTO Duolingo, Severin Hacker menyebutkan Duolingo memilih ekspansi ke bidang matematika dan musik karena kedua bidang tersebut dianggap mampu mencakup semua manusia tanpa melihat budaya dan bangsanya, sama halnya seperti bahasa.

Pembaruan kursus Matematika di Duolingo akan mengajarkan keterampilan matematika tingkat mahir dengan fokus pada situasi yang bisa diterapkan di dunia nyata, seperti perhitungan tip dan upah per jam, dengan tujuan meningkatkan tingkat kesulitan bagi para pembelajar dewasa.

Mengenai kursus musik pada Duolingo, Engineering Director Duolingo, Vanessa Jameson menjelaskan pendekatan perusahaan pada pendidikan musik sekaligus mempertahankan ciri khas dan interface gamifikasi.

Duolingo merupakan platform pendidikan yang memberikan akses ke berbagai kursus bahasa secara gratis dan menyediakan pengajaran dengan metode yang interaktif, menyenangkan, dan gamifikasi atau dibuat seperti bermain game.

Duolingo hingga kini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang di Playstore sekaligus menjadi aplikasi terpopuler nomor enam dalam kategori aplikasi pendidikan gratis.