Tak Hanya Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Inilah Manfaat dari Mandi Air Dingin
Gaya Hidup

Tak Hanya Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Inilah Manfaat Mandi Air Dingin

  • Tak hanya berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, inilah manfaat dari mandi air dingin

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Mandi air dingin apalagi saat pagi hari biasanya membuat banyak orang takut. Akan tetapi, jika Anda berani kedinginan, mandi air dingin justru dapat memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan.

Studi menunjukkan bahwa air dingin dapat merangsang aliran darah, meningkatkan mood, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari mandi air dingin.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Studi menunjukkan bahwa ketika tubuh Anda terkena dingin, tubuh Anda menghasilkan lebih banyak sel darah putih, sel-sel yang digunakan tubuh Anda untuk melawan infeksi. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa mandi air dingin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi tahun 2016 dari Belanda menemukan bahwa orang yang mandi air dingin secara rutin, memiliki statistik lebih kecil kemungkinan untuk mengalami beberapa kondisi penyakit. Studi menunjukkan bahwa menambahkan hanya mengguyur air dingin selama 30 detik ke seluruh tubuh dan diakhiri dengan mandi air hangat sudah cukup untuk memberikan kesehatan. 

2. Meredakan Depresi

Mandi air dingin merangsang reseptor saraf di kulit Anda, yang pada gilirannya merangsang aktivitas di otak Anda dan mungkin memiliki efek anti-depresi. Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa peserta yang terkena air dingin mengalami kelegaan dari gejala depresi. Selain itu, penelitian tersebut menyatakan bahwa terapi air dingin tidak memiliki efek samping yang merugikan. Namun, perlu diingat jangan menganggap mandi air dingin sebagai pengganti obat antidepresan yang mungkin Anda konsumsi.

3. Membuat Anda Lebih Waspada

Ketika air dingin mengenai tubuh Anda, hal itu menyebabkan kejutan kecil dan merangsang sistem saraf simpatik Anda. Sistem saraf simpatik Anda mengontrol fungsi otomatis tubuh Anda seperti detak jantung dan pencernaan Anda. Hal ini juga membantu Anda merespons stres dengan cepat, sehingga dapat memicu fungsi seperti meningkatkan detak jantung, berkeringat, dan meningkatkan kewaspadaan

4. Membantu Meringankan Kulit Kering

Jika Anda sedang mencegah kulit menjadi pecah-pecah terutama saat udara kering dan dingin, sebaiknya Anda tetap mandi menggunakan air dingin. Mandi air dingin tidak akan mengeringkan kulit Anda seperti saat mandi air panas.

5. Memulihkan Tubuh Seusai Berolahraga

Setelah melakukan aktivitas olahraga yang sulit, otot Anda akan terasa lelah. Air dingin dapat mempercepat proses pemulihan. Seperti yang dilansir dari laman Business Insider, sebuah analisis tahun 2018 dari 99 studi menemukan bahwa paparan air dingin efektif mengurangi nyeri otot dan kelelahan, meskipun tidak seefektif terapi pijat.