<p>Umat Muslim melaksanan salat Idul Adha 1441 H, di lapangan Masjid Al-Azhar, Jakarta, Jum&#8217;at , 31 Juli 2020. Pelaksanaan salat Id berjamaah di masa kenormalan baru ini dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Foto : Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Tak Hanya Menyembelih Hewan Kurban, Begini Tradisi Iduladha di Berbagai Negara

  • Di berbagai belahan dunia, tradisi dan perayaan Iduladha memiliki banyak variasi serta ciri khas yang unik.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kementerian Agama sudah menetapkan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriyah pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Keputusan tersebut berdasarkan pada pantauan hilal di 86 titik seluruh wilayah Indonesia, yang kemudian dilanjutkan dengan rapat sidang isbat

Umat muslim di Indonesia pada umumnya merayakan Hari Raya Iduladha setelah salat ied yaitu dengan menyembelih hewan kurban dan memasaknya menjadi aneka hidangan.

Di berbagai belahan dunia, tradisi dan perayaan Iduladha memiliki banyak variasi serta ciri khas yang unik. Berikut beberapa tradisi Hari Raya Iduldha di berbagai negara, seperti yang dilansir dari laman Ani News.

Uni Emirat Arab (UEA)

Pemerintah UEA setiap tahun memberikan hari libur setidaknya tiga hari, dan yang paling penting adalah sehari sebelum Iduladha, yaitu Hari Arafat. Pada saat Iduladha, warga mengawali dengan salat Ied, memberi selamat, lalu mengadakan pesta tiga hari dengan makanan dan hadiah yang berlimpah. Anak-anak berdandan dengan pakaian terbaik dan menawarkan biskuit di sekitar lingkungan mereka.

Turki

Pada hari pertama Hari Raya Kurban di Turki, para pria akan pergi ke masjid untuk salat subuh. Pada beberapa negara bagian, kambing atau domba yang dikurbankan akan dicat dengan pacar dan dihiasi menggunakan pita.

Warga akan menggunakan pakaian terbaik mereka selama Hari Raya Kurban, menyambut tamu yang datang ke rumah mereka atau mengunjungi kerabat dan teman selama liburan.

Mesir

Iduladha di Mesir diawali dengan salat dan khutbah yang diikuti dengan pertemuan keluarga besar. Daging kurban juga akan disumbangkan dan dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Iran

Muslim Iran akan menggunakan pakaian formal untuk salat Ied yang diadakan di masjid atau di area terbuka. Kemudian, warga akan memasak dan mengonsumsi makanan yang pada umumnya bercita rasa gurih yang terbuat dari daging sapi atau kambing, tergantung pada hewan yang disembelih. Daging digunakan untuk membuat berbagai kebab dan haleem, rebusan yang terbuat dari gandum atau jelai dan daging. 

India

Warga India menyebut Iduladha dengan nama lain Bakr-Id karena memiliki tradisi mengorbankan seekor kambing atau bakri. Pada Hari Raya Iduladha, banyak muslim memakai pakaian baru dan menghadiri pertemuan, serta mengorbankan seekor domba atau kambing dan membagikan dagingnya dengan anggota keluarga, tetangga, dan orang miskin.

Pakistan

Warga Pakistan merayakan Iduladha dengan hari libur keagamaan 4 hari, bukan 3 hari. Acara dimulai dengan salat diikuti khotbah dan semua toko tutup karena orang-orang menghabiskan hari untuk beribadah.

Kemudian, daging hewan kurban akan dibagikan kepada teman, kerabat, dan fakir miskin. Seperti pada negara lain, keluarga juga akan berkumpul untuk berbagi makanan dan bertukar hadiah.