Ilustrasi kalkulator dan uang. (Pexels.com/Karolina Grabowska)
Gaya Hidup

Tak Hanya Nabung, Lakukan Hal Ini Bisa Bikin Anda Tambah Kaya

  • Warren Buffett percaya bahwa saham harus dipegang untuk jangka panjang
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Peribahasa mengatakan, menabung pangkal kaya. Padahal, kekayaan tak hanya bisa dicapai hanya dengan Anda menabung. 

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar bisa membuat Anda tambah kaya. Investor sekaligus filantropis dunia Warren Buffett menerapkan sejumlah hal dalam hidupnya untuk mengelola keuangan. 

Dengan kiat yang ia lakukan, Warren Buffett menjadi orang terkaya ketiga di dunia. Apa saja yang dilakukan Warren Buffett dalam mengatur keuangannya. Berikut ulasan TrenAsia.com.

1. Hidup Hemat

Menjadikan hidup hemat sebagai kebiasaan adalah gaya hidup yang diterapkan oleh Warren Buffet. Meski banyak uang, Ia disebut tak percaya pada uang tunai.

Pria asal Omaha, Amerika Serikat ini lebih sering membeli sarapan di toko cepat saji dibandingkan berada di restoran mewah. Selain itu, dia juga mencari mobil diskon untuk digunakan sehari hari.

Alih-alih tinggal di kastil mewah keluaran anyar, Ia memilih untuk tinggal di rumah yang sudah dimilikinya sejak 1958.

Dengan gaya hidup hemat, Warren bisa punya lebih banyak uang untuk diinvestasikan. Alhasil, kekayaannya semakin lama akan bertambah.

2. Hindari Utang

Warren Buffet diketahui tak pernah memiliki utang kartu kredit atau membeli mobil secara kredit. Meski bisa berdalih tak punya utang lantaran uangnya sudah terlanjur banyak, meminimalisir jumlah adalah hal yang bisa diterapkan.

Bagi Anda yang sudah terlanjur punya banyak utang, sebaiknya segara lunasi karena bisa mengurangi biaya bunga. Uang untuk membayar bunga bisa Anda gunakan untuk tabungan dan investasi.

3. Lakukan Investasi Pada Diri Sendiri

Warren Buffett mempercayai bahwa aset terbesar dalam hidup adalah diri sendiri. Dengan berinvestasi pada diri sendiri, Anda dapat membantu diri untuk membangun kekayaan jangka panjang.  

Anda dapat memfasilitasi diri akan apa yang ingin dilakukan, seperti mengikuti kursus pelatihan, memulai suatu bisnis, atau melatih suatu keterampilan baru.  

Jika mendapatkan promosi atau mendapatkan uang ekstra setelah menginvestasikan kepada diri sendiri, maka akan memiliki lebih banyak untuk diinvestasikan dan akan dapat menumbuhkan kekayaan dalam jangka panjang.

4. Investasi Jangka Panjang Pada Saham

Warren Buffett percaya bahwa saham harus dipegang untuk jangka panjang. Hal tersebut berarti tidak perlu panik dan terburu-buru menjual investasi jika pasar saham ambruk.

Dalam berinvestasi jangka panjang, investor tidak perlu khawatir dengan situasi saat ini karena pasar dapat bangkit kembali. Secara historis, berinvestasi dalam saham adalah salah satu cara terbaik untuk mengalahkan inflasi.