Tak Hanya Sebagai Hiburan, Kini TikTok Luncurkan TikTok Resume untuk Lamar Pekerjaan
Tekno

Tak Hanya Sebagai Hiburan, Kini TikTok Luncurkan TikTok Resume untuk Lamar Pekerjaan

  • Tak hanya sebagai hiburan, kini TikTok luncurkan TikTok Resume untuk lamar pekerjaan

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA – TikTok merupakan suatu platform atau aplikasi hiburan yang populer dan digunakan oleh banyak orang. Para kreator di TikTok sering membagikan berbagai konten mengenai film, olahraga, mode, musik, gaya hidu, tempat kerja, dan banyak lagi.

Dengan semakin banyaknya muncul konten kreatif terkait karir dan pekerjaan, kini TikTok percaya ada peluang untuk memberikan nilai lebih pada pengalaman orang-orang dengan membuat platform tersebut sebagai salah satu cara mendapatkan pekerjaan.

Tiktok menyatakan bahwa pihaknya senang meluncurkan “TikTok Resumes” sebagai program percontohan yang dirancang untuk terus memperluas dan meningkatkan TikTok sebagai saluran baru untuk rekrutmen dan penemuan pekerjaan.

TikTok juga bekerja sama dengan perusahaan terpilih dan mengundang pencari kerja untuk melamar posisi entry-level ke posisi berpengalaman dengan beberapa perusahaan paling dicari di dunia, termasuk Chipotle, Target, WWE, Alo Yoga, Shopify, Contra, Movers+Shakers, dan banyak lagi, dengan resume video TikTok.

Pengguna TikTok juga dapat menemukan informasi lowongan pekerjaan di posisi entry level, hingga eksekutif yang dibuka oleh 34 mitra perusahaan tersebut di situs tiktokresumes.com

Kreatif dan Otentik

Kandidat yang tertarik didorong untuk secara kreatif dan otentik menunjukkan keahlian dan pengalaman mereka, dan menggunakan #TikTokResumes pada caption saat mempublikasikan resume video mereka ke TikTok.

Selain itu, video TikTok yang digunakan untuk melamar kerja juga harus dapat diakses oleh publik, dan tidak boleh dihapus dari platform tersebut setidaknya selama sebulan.

Pengguna TikTok mulai bisa mengirim lamaran pekerjaan melalui fitur #TikTokResumes pada 7 Juli hingga 31 Juli.

Akan tetapi, fitur ini baru bisa dicoba oleh pengguna TikTok yang berada di Amerika Serikat saja. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan, #TikTokResumes juga akan diberikan kepada pengguna di berbagai negara lainnya.