Berjalan
Rumah & Keluarga

Tak Harus 10.000, Berjalan Kaki 3.000 Langkah Sehari Sudah Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

  • Simak penjelasan mengenai manfaat kesehatan dari 3.000 langkah jalan kaki setiap hari. Apakah Anda tertarik untuk melakukannya?
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Berjalan kaki adalah salah satu aktivitas fisik yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Meski begitu, berjalan kaki ternyata memiliki manfaat kesehatan yang tidak patut untuk diremehkan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology seperti yang dilansir Trenasia dari Healthline ada Senin, 6 November 2023, risiko kematian karena sebab apapun akan menurun secara signifikan jika seseorang melakukan tambahan 500 hingga 1.000 langkah per hari.

Dalam studi tersebut, para peneliti melaporkan bahwa berjalan kaki setidaknya 3.967 langkah per hari dapat mengurangi risiko kematian akibat sebab apapun. Sedangkan berjalan kaki 2.337 langkah sehari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Salah satu penulis studi yang merupakan profesor kardiologi di Medical University of Lodz Polandia menyatakan bahwa hasil studi ini menyimpulkan semakin banyak kita berjalan, semakin baik, dan hal ini berlaku baik untuk pria dan wanita, tanpa memandang usia dan lokasi tempat tinggal.

Bagaimana Jalan Kaki Dapat Meningkatkan Kesehatan

Jalan kaki dapat meningkatkan kesehatan

Para peneliti menyebutkan bahwa semakin banyak langkah yang kita ambil maka semakin besar pula manfaat kesehatannya. Tubuh yang tidak aktif secara fisik ternyata menyumbang angka kematian bahkan lebih dari 3 juta kematian secara global setiap tahunnya. Menurut WHO, tidak aktif secara fisik adalah faktor risiko kematian terbesar keempat.

Seseorang yang tidak aktif secara fisik memiliki peningkatan risiko kematian akibat semua penyebab kematian sebesar 20-30% dibandingkan dengan mereka yang melakukan aktivitas fisik intensitas sedang setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu.

Selain itu, orang yang tidak banyak bergerak cenderung mengalami pertambahan berat badan. Seperti yang diketahui, lemak umumnya dapat menyebabkan peradangan, masalah resistensi insulin yang dapat menimbulkan diabetes, tekanan darah tinggi, dan banyak masalah lainnya yang berkaitan dengan penambahan berat badan.

Namun, walau Anda tidak terlalu kelebihan berat badan, tidak banyak bergerak ternyata dapat menyebabkan otot jadi lemah sehingga membuat Anda jadi kurang tahan terhadap infeksi atau penyakit akut. Itu artinya, tidak banyak bergerak menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi untuk tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik saat Anda sakit.

Cara Berjalan Kaki Setiap hari

Cara berjalan kaki setiap hari

CDC Amerika Serikat menyarankan orang dewasa untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang setiap minggu. Anda bisa memulai aktif secara fisik dengan cara yang mudah terlebih dahulu lalu dibangun secara bertahap.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tidak langsung naik dari nol langkah menjadi 100 langkah. Tambahkan langkah setiap hari secara bertahap untuk meningkatkan kapasitas fungsional tubuh Anda.

Bergerak sangat penting bagi tubuh karena dapat mengaktifkan sistem kardiovaskular dan sistem pernapasan. Sistem kardiovaskular dan pernapasan sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Semakin sering kita memaksimalkan sistem tersebut, maka kinerja dari sistem tersebut akan semakin kuat dan efisien, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit, penyakit penyerta, dan kematian.

Itu tadi penjelasan mengenai manfaat kesehatan dari 3.000 langkah jalan kaki setiap hari. Apakah Anda tertarik untuk melakukannya?