<p>Pangeran Harry dan Meghan/ABC</p>
Dunia

Tak Lagi Jadi Anggota Keluarga Kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Diusir dari Kediamannya di Inggris

  • Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, diminta untuk mengosongkan Frogmore Cottage
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

London - Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, diminta untuk mengosongkan Frogmore Cottage, rumah yang terletak di dalam lahan perkebunan Kastil Windsor milik Raja Charles. Rumah tersebut biasanya mereka  gunakan ketika berada di Inggris.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa Duke dan Duchess of Sussex telah diminta untuk mengosongkan kediaman mereka di Frogmore Cottage," kata juru bicara Harry dan Meghan sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari Reuters pada Kamis, 2 Maret 2023.

Keputusan Charles untuk mengusir Pangeran Harry dari kediaman kerajaan timbul  setelah pasangan tersebut memngungkapkan kehidupan kerajaan lewat sebuah film dokumenter Netflix.

Dalam siaran tersebut, mereka bercerita mengenai ayahnya dan kakak laki-lakinya Pangeran William, dan bangsawan lainnya dan seolah menjelekkan kehidupan kerajaan. 

Sebelum meminta Pangeran Harry mengosongkan rumah tersebut, Raja Charles dikabarkan menawarkan rumah itu kepada saudaranya, Pangeran Andrew.

Pangeran Andrew sendiri diketahui merupakan adik kandung Raja yang terpaksa berhenti dari peran kerajaannya karena hubungannya dengan terpidana pelanggar seks AS Jeffrey Epstein. 

Namun, dalam sebuah surat kabar, Andrew dilaporkan ingin tinggal di rumahnya saat ini di dekat sini daripada pindah ke Frogmore Cottage.

Menanggapi pengusiran Pangeran Harry dan Meghan, Istana Buckingham mengatakan tidak akan mengomentari laporan tersebut. Sebuah sumber kerajaan mengatakan diskusi semacam itu akan menjadi masalah pribadi keluarga.

Sekadar informasi, Pangeran Harry dan Meghan pindah ke Frogmore Cottage di tanah perkebunan Kastil Windsor di sebelah barat London setelah pernikahan mereka pada 2018.

Setelah mengundurkan diri dari tugas kerajaan pada 2020, mereka kemudian pindah ke California untuk menempa kehidupan dan karier baru. Namun, Frogmore Cottage tetap menjadi markas mereka di Inggris. 

Mereka juga setuju untuk membayar kembali 2,4 juta pound untuk membayar pajak dan digunakan untuk merenovasi rumah.