<p>Direktur Kepatuhan BRI Wisto Prihadi dikabarkan tak lolos fit and proper test OJK / Facebook @wisto.prihadi</p>
Industri

Tak Lolos Fit &#038; Proper Test OJK, Direktur BRI Dicopot

  • Seperti yang diberitakan TrenAsia.com pada awal September 2020, Direktur Kepatuhan BRI Wisto Prihadi itu tidak lolos uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Industri
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Akhirnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencopot Direktur Kepatuhan BRI Wisto Prihadi dari jabatannya.

Seperti yang diberitakan TrenAsia.com pada awal September 2020, Direktur Kepatuhan BRI Wisto Prihadi itu tidak lolos uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan pencopotan direktur kepatuhan perseroan dilakukan untuk sementara.

“Pemberhentian sementara dimaksud dilakukan sesuai mekanisme dan prosedur, serta ditetapkan terhitung sejak tanggal 11 November 2020,” kata dia dalam surat kepada Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat, 13 November 2020.

Dia menjelaskan, seiring pencopotan tersebut, direksi emiten bersandi saham BBRI itu telah menunjuk direktur pengganti. Selama membawakan fungsi kepatuhan, direktur pengganti ini dipastikan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Selanjutnya, pemberhentian sementara tersebut akan ditindaklanjuti sebagaimana hukum yang berlaku,” tegasnya.

Diketahui, Wisto Prihadi diangkat sebagai Direktur Kepatuhan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BRI pada Februari 2020. Dalam keputusan tersebut, Wisto menggantikan Azzizatun Azimah. Sebelumnya, jabatan Wisto Prihadi adalah Presiden Direktur PT BRI Multifinance Indonesia sejak 2018. (SKO)