Discord
Tekno

Tak Mau Kalah! Discord Rilis Fitur Berbasis AI, Apa Fungsinya?

  • Aplikasi perpesanan yang awalnya dibuat untuk para Gamers, Discord dikabarkan akan merilis fitur yang mengadaptasi teknologi AI.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Aplikasi perpesanan yang awalnya dibuat untuk para Gamers, Discord dikabarkan akan merilis fitur yang mengadaptasi teknologi AI.

Dalam sebuah pengumuman yang dirilis Kamis, 10 Maret 2023 waktu setempat, Discord mengabarkan akan menghadirkan sejumlah platform meliputi AI chatbot, moderator AI otomatis, peringkas percakapan, remixer avatar, dan papan tulis.

Mengutip Mashable Jumat, 10 Maret 2023, beberapa fitur ini mulai diluncurkan hari ini. Sedangkan fitur lainnya akan diluncurkan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, kecerdasan buatan merupakan hal yang menarik perhatian banyak pihak setelah chatbot ChatGPT OpenAI populer di kalangan Netizen.

Jauh sebelum hal tersebut terjadi, Discord sebelumnya telah memiliki komunitas AI yang aktif hingga saat ini.

Menurut keterangan perusahaan, aplikasi AI pihak ketiga yang sudah ada di platform sudah memiliki lebih dari 30 juta pengguna bulanan. Hampir 3 juta server di Discord memiliki beberapa elemen AI yang terintegrasi ke dalam komunitas.

Untuk lebih meyakinkan, komunitas terbesar di Discord adalah Midjourney, sebuah proyek AI teks-ke-gambar yang memungkinkan pengguna menghasilkan karya seni langsung dari dalam server. Discord mengatakan server Midjourney memiliki lebih dari 13 juta anggota.

Jadi, dengan AI yang sebetulnya sudah menjadi bagian integral dari Discord, sepertinya hanya masalah waktu sebelum Discord sendiri akhirnya membawa AI langsung ke platform tersebut.

Lebih Dekat Dengan Fitur Berbasis AI Baru Discord

Masih mengutip sumber yang sama, ada beberapa fitur berbasis AI baru yang wajib dikenali dan dimanfaatkan fungsinya.

Fitur pertama adalah AutoMod AI. Sebelumnya, Discord sudah memiliki fitur AutoMod, yang pada dasarnya secara otomatis memoderasi kamar untuk admin berdasarkan aturan server.

Namun, kini Discord telah mengintegrasikan AI bertenaga OpenAI ke dalam AutoMod dan memungkinkannya untuk mencari di server dan menghubungi moderator ketika dianggap aturan mungkin dilanggar.

Menurut Discord, AutoMod AI juga dapat mempertimbangkan konteks percakapan sehingga, misalnya, pengguna tidak dihukum karena postingan yang disalahartikan.

Kedua adalah Clyde. Fitur ini bisa dibilang menjadi bot yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi pengguna Discord. Mulai minggu depan, Clyde mendapatkan peningkatan AI.

Seperti diketahui sebelumnya, saat ini bot Clyde memberikan informasi, seperti pesan kesalahan server, dan juga menanggapi permintaan timeout atau ban dari pengguna dan mod. Namun, yang dilakukannya hanya sebatas itu.

Untuk versi baru, Clyde kini dapat menjawab semua jenis pertanyaan dari pengguna, seperti chatbot ChatGPT OpenAI.

Untuk memanggil Clyde, pengguna hanya perlu mengetik "@Clyde" diikuti dengan prompt mereka. Clyde akan dapat menarik informasi dan juga membantu menemukan emoji atau GIF tertentu berdasarkan deskripsi pengguna.

Fitur AI Ketiga yang akan hadir di Discord minggu depan adalah ringkasan percakapan. Sekali lagi, namanya cukup deskriptif tentang fungsinya. Dengan pengguna di seluruh dunia, banyak saluran Discord selalu bergerak tanpa memandang waktu.

Ringkasan Percakapan akan memungkinkan pengguna untuk mengejar apa yang mereka lewatkan di Discover Server. Fitur AI-powered akan menggabungkan obrolan ke dalam topik sehingga pengguna dapat dengan mudah membaca apa yang menurut mereka paling menarik.

Kemudian fitur AI baru keempat, ada permainan Avatar Remix di aplikasi Discord open-source yang mengintegrasikan seni AI ke dalam aplikasi perpesanan.

Avatar Remix memungkinkan pengguna untuk mengambil avatar sesama pengguna dan mengubahnya menggunakan kekuatan model gambar generatif.

Dalam demo yang ditampilkan Discord Mashable, pengguna dapat menambahkan topi pesta atau kumis ke avatar teman hanya dengan menyebutkan nama pengguna mereka dan menjelaskan perubahan apa yang ingin mereka buat.

Terakhir, Discord mengungkapkan fitur yang akan segera hadir yang telah lama diminta oleh komunitas Discord yakni papan tulis.

Tapi, tentu saja, ini bukan sembarang fitur papan tulis kolaboratif. Fitur ini akan didukung oleh AI sehingga memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam menghasilkan seni AI dan banyak lagi.