Semua Member BTS Punya Akun Instagram Pribadi, Ini 5 Faktanya
Pasar Modal

Tak Mau Perpanjang Masalah, HYBE Hentikan Akuisisi SM Entertaiment

  • Agensi yang membawahi Boyband BTS, Hybe menghentikan aksi akuisisinya atas SM Entertaiment. Sebelumnya, HYBE dikabarkan menjadi pemegang saham terbesar SM Entertainment.
Pasar Modal
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

SEOUL- Agensi yang membawahi boyband BTS, HYBE menghentikan aksi akuisisinya atas SM Entertaiment.

Sebelumnya, HYBE dikabarkan menjadi pemegang saham terbesar SM Entertainment. Hal itu terjadi setelah agensi tersebut menandatangani kesepakatan dengan pendiri SM Entertainment Lee Soo Man untuk mengakuisisi 14,8% saham perusahaan tersebut bulan lalu.

Adapun aksi akuisisi tersebut dilakukan sebagai respon terhadap upaya Kakao membeli 9,05% saham SM Entertainment dengan membeli saham baru dan obligasi konversi.

Mengutip Soompi Senin, 13 Maret 2023, kala itu, Lee Soo Man menganggap pembelian saham dilakukan secara ilegal sehingga membawa SM Entertainment ke meja hijau. Hasilnya, SM Entertainment dilarang mengeluarkan lembar saham yang baru.

Alhasil, Kakao pun harus membeli dengan cara memberi penawaran lebih tinggi kepada para pemegang saham SM Entertainment. Otomatis, tawaran itu lebih tinggi dari pada yang dibuat HYBE.

Akhirnya, HYBE memutuskan mengakhiri ambisi akuisisi penuhnya terhadap SM Entertainment. Menurut agensi tersebut, perusahaan memilih mundur karena pasar makin memanas lantaran persaingan tersebut.

"Merenungkan kemungkinan bahwa akuisisi ini, bersama dengan penawaran tender, dapat merugikan nilai pemegang saham (HYBE) dan memicu pasar yang terlalu panas, dalam membuat keputusan," tulis HYBE dalam sebuah siaran pers.

Tak sampai di situ, dua perusahaan hiburan ini juga sepakat terkait manajemen SM Entertainment serta melakukan kooperasi di platform yang berkaitan pada masa depan.