<p>Sumber: www.wikipedia.org</p>

Tak Perlu Berhenti Untuk Tap, Inilah Sistem Multi-Lane Free Flow

  • JAKARTA –  Teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang ditawarkan oleh perusahaan asal Hongaria, Roatex Ltd. Zrt, akan segera digunakan di Indonesia. GNSS menerapkan sistem transaksi pembayaran non tunai yang tanpa tap di gerbang tol. Inovasi ini disebut juga Multi Lane Free Flow (MLF). Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit menjelaskan bahwa sistem […]

Ananda Astri Dianka

JAKARTA –  Teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang ditawarkan oleh perusahaan asal Hongaria, Roatex Ltd. Zrt, akan segera digunakan di Indonesia.

GNSS menerapkan sistem transaksi pembayaran non tunai yang tanpa tap di gerbang tol. Inovasi ini disebut juga Multi Lane Free Flow (MLF).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit menjelaskan bahwa sistem ini menjadikan pengguna tol tak perlu lagi memperlambat laju kendaraan atau berhenti sejenak di gerbang pembayaran untuk bertransaksi karena perangkat elektronik khusus akan dipasang pada setiap kendaraan. Perangkat tersebut akan bekerja secara otomatis saat kendaraan melewati titik tertentu.

Sinyal yang dipancarkan akan ditangkap alat elektronik khusus sehingga saldo langsung terpotong. Layanan uang elektronik (e-money) pun lebih mudah terintegrasi karena server langsung terhubung dengan sistem.

Dengan diterapkannya teknologi MLFF, harapannya jumlah antrean di gerbang tol dapat menurun sehingga waktu perjalanan menjadi lebih efektif.

Pemerintah menargetkan proyek selesai pada tahun 2022 setelah perusahaan Roatex menyempurnakan studi kelayakan dan melengkapi dokumen badan usaha pelaksana.