Tak Perlu Panik, Simak Panduan Singkat Menghindari Virus Corona
Gaya Hidup

Tak Perlu Panik, Simak Panduan Singkat Menghindari Virus Corona

  • JAKARTA-Virus Corona telah menyebabkan kepanikan di sejumlah negara. Di China, tempat penyakit misterius ini muncul dilaporkan 25 orang telah meninggal dengan 800 lebih terinfeksi. Sejumlah negara termasuk Singapura dan Amerika telah mengkonfirmasi tentang ditemukannya pasien penyakit yang belum ada obatnya tersebut. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk mencegah tertularnya virus tersebut. Sebuah panduan […]

Gaya Hidup

Amirudin Zuhri

JAKARTA-Virus Corona telah menyebabkan kepanikan di sejumlah negara. Di China, tempat penyakit misterius ini muncul dilaporkan 25 orang telah meninggal dengan 800 lebih terinfeksi. Sejumlah negara termasuk Singapura dan Amerika telah mengkonfirmasi tentang ditemukannya pasien penyakit yang belum ada obatnya tersebut.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk mencegah tertularnya virus tersebut. Sebuah panduan yang diterbitkan asuransi kesehatan Sinar Mas menyebutkan masyarakat tidak perlu panik meski tetap harus waspada terutama jika mengalami gejala demam dan  batuk disertai kesulitan bernapas. Jika menmukan kondisi tersebut disarankan  segera pergi ke rumah sakit terdekat.

Sebagai tindakan pencegahan salah satunya adalah dengan cuci tangan secara rutin dan benarterutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah menggunakan. Cara cuci tangan yang benar adalah menggunakan air dan sabun cair lalu bilas sekitar 20 detik dan keringkan dengan tisu / handuk bersih.. Buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah.

Selain itu disarakan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan (bukan telapak tangan) saat bersin atau batuk.

Menghindari daerah-daerah yang telah terkonfirmasi adanya pasien coronavirus juga sebaiknya dilakukan. Hindari kontak dengan hewan ternak dan hewan liar, hindari mengunjungi pasar basah, peternakan dan pasar hewan hidup.

Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran pernapasan serta masaklah daging, telur, atau produk hewan lainnya hingga matang.

“Setelah kembali dari perjalanan (traveling) segera berkonsultasi ke dokter dan informasikan tentangriwayat sebelumnya,” tulis panduan tersebut.