Ilustrasi membaca buku
Gaya Hidup

Tak Punya Waktu? Coba 3 Cara Lain Baca Buku Berikut

  • Tidak memiliki cukup waktu kerap menjadi alasan mengapa seseorang tidak kunjung membaca buku
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Kegiatan membaca buku memberikan segudang manfaat untuk Anda. Maka tak heran tokoh-tokoh sukses dunia memiliki kebiasaan untuk membaca buku secara rutin di keseharian mereka.

Melansir dari laman website membacacepat.com, rata rata kecepatan baca orang dewasa adalah 250-300 kata per menit. Sedangkan untuk satu halaman buku biasanya memuat 200 kata. Jadi untuk menyelesaikan bacaan buku setebal 300 halaman perkiraan waktu yang diperlukan adalah kurang lebih 5 jam.

Tidak memiliki cukup waktu kerap menjadi alasan mengapa seseorang tidak kunjung membaca buku. Jadi sebelum merasa putus asa karena tidak bisa membaca buku, 3 cara lain ini bisa Anda coba untuk bisa tetap membaca buku.

1. Audiobook

Audiobook adalah rekaman suara seseorang atau beberapa orang narator yang berisi teks buku yang sedang dibacakan.

Pilihan ini cocok untuk Anda yang ingin membaca buku sambil melakukan aktivitas lain seperti berolahraga, membesihkan rumah, hingga memasak.

Banyak aplikasi dan platform di luar sana yang menyediakan audiobook untuk membantu Anda tetap membaca buku secara fleksibel.

2. Review Buku 

Review buku dapat Anda jadikan pilihan lain untuk membaca buku. Reviewer buku biasanya akan menuliskan identitas buku, kelebihan, kekurangan, hingga mencantumkan hal-hal penting dari isi buku secara ringkas untuk akhirnya diambil kesimpulan.

Meski pengalaman yang didapatkan tidak sedalam ketika Anda membaca buku atau mendengarkan audiobook, pilihan ini tetap layak untuk dijadikan pertimbangan.

3. Ringkasan buku

Tak seperti review buku yang membahas faktor-faktor eksternal dari sebuah buku, ringkasan buku berfokus kepada membuat isi buku menjadi tulisan yang lebih singkat, ringkas dan efektif untuk dibaca.

Beberapa ringkasan buku juga menyediakan infografis dalam bentuk gambar sehingga akan memudahkan Anda memahami isi buku.  

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 3 cara lain membaca buku untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu. Semoga bermanfaat!