<p>Tak selamanya bermanfaat untuk cegah COVID-19, humidifier juga dapat memicu gangguan kesehatan yang serius/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Tak Selamanya Bisa Digunakan untuk Cegah COVID-19, Humidifier Juga Dapat Memicu Gangguan Kesehatan

  • Tak selamanya bermanfaat untuk cegah COVID-19, humidifier juga dapat memicu gangguan kesehatan yang serius

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Udara yang kering dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti mimisan, kulit kering, dehidrasi, dan bibir pecah-pecah. Salah satu cara untuk mengatasi udara yang kering adalah dengan menggunakan humidifier atau pelembap udara.

Selain itu, humidifier juga dianggap sebagai alternatif air purifier untuk membersihkan udara di sekitar ruangan Anda yang membantu untuk mencegah terkena COVID-19.

Akan tetapi, humidifier belum tentu berefek positif untuk kesehatan Anda. Masalah kesehatan yang dapat timbul dari humidifier termasuk alergi, asma, batuk, gejala seperti flu, infeksi paru-paru, dan sinus.

Masalah kesehatan dari humidifier hampir selalu terjadi karena humidifier bisa mengandung bakteri atau jamur. Sangat mudah untuk memahami bagaimana ini bisa terjadi. Sifat humidifier adalah menahan air yang tergenang, menguapkannya melalui sistem sumbu lembap, dan meniupkan udara yang dilembapkan itu.

Itu semua baik dan bagus jika air yang diuapkan steril. Akan tetapi reservoir air bisa menciptakan lingkungan lembap yang mendorong pertumbuhan jamur dan bakteri.

Dan setelah humidifier Anda terdapat jamur dan bakteri, alat humidifier Anda telah menjadi sistem distribusi patogen. Saat kuman dan spora jamur diterbangkan ke udara, mereka mencari tempat baru yang lembab dan hangat untuk tinggal, seringkali paru-paru atau rongga sinus Anda.

Untungnya, cukup mudah untuk mencegah humidifier Anda menjadi cawan petri tempat tumbuhnya jamur dan bakteri.

Yaitu dengan cukup membersihkan secara teratur. Jika Anda menggunakan pelembap udara setiap hari, rutinitas pembersihan sebaiknya diulang setiap tiga hari.