Konpers RUPS PTPP Tahun Buku 2023 di Jakarta paada Rabu, 24 April 2024
BUMN

Tak Tebar Dividen, Ini Kata PT PP

  • PT PP Tbk (Persero) mengungkapkan belum membagikan dividen pada 2023. Pasalnya perusahaan masih akan berfokus pada penguatan struktur permodalan.
BUMN
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT PP Tbk (Persero) mengungkapkan belum membagikan dividen pada 2023. Pasalnya perusahaan masih akan berfokus pada penguatan struktur permodalan.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Agus Purbianto menyebut, kondisi perekonomian global yang masih fluktuatif juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi keputusan tersebut.

"Karena tren suku bunga naik, dengan adanya penguatan dari sisi cashflow, artinya PTPP tidak akan menambah utang. Salah satu upayanya ini adalah dengan tidak bagi dividen," katanya dalam Konpers RUPST PTPP Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Rabu, 24 April 2024.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengumumkan menyesuaikan suku bunga keuangan. BI-Rate dinaikkan sebesar 25 bps menjadi 6,25%, suku bunga Deposit Facility naik menjadi 5,50%, dan suku bunga Lending Facility menjadi 7,00%.

Kenaikan ini dilakukan untuk menghadapi risiko global yang semakin meningkat dan memastikan inflasi tetap sesuai target 2,5±1% untuk tahun 2024 dan 2025.

Selain terkait dividen, RUPST PTPP juga menyetujui perombakan jajaran pimpinan. Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan, pemegang saham menetapkan Pundjung Setya Brata sebagai Komisaris Independen perseroan yang baru, menggantikan Loso Judijanto.

RUPST memberhentikan dengan hormat Sinurlinda Gustina yang menjabat Direktur Strategi Korporasi dan Human Capital Management dan Eddy Herman Harun selaku Direktur Operasi Bidang EPC.

Lalu dalam rapat mengangkat I Gede Upeksa Negara sebagai Direktur Korporasi dan Human Capital Management PTPP, sekaligus menetapkan Tommy Wiranata Anwar sebagai Direktur Manajemen Risiko dan Legal.

Berikut Susunan Dewan Komisaris dan Direksi PTPP per 24 April 2024 :
 

Komisaris  

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Dhony Rahajoe
Komisaris Independen: Pundjung Setya Brata
Komisaris Independen: Jaya Kusuma
Komisaris: Hedy Rahadian
Komisaris: Ernadhi Sudarmanto

Direksi PTPP:

Direktur Utama: Novel Arsyad
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Agus Purbianto
Direktur Operasi Bidang Gedung: Yuyus Juarsa
Direktur Operasi Bidang Infrastruktur: Yul Ari Pramuraharjo
Direktur Manajemen Risiko dan Legal: Tommy Wiranata Anwar
Direktur Strategi Korporasi dan HCM: I Gede Upeksa Negara