Takut Didemo Seperti GM, Ford dan Stellantis, Tesla Janjikan Naik Gaji ke Karyawan Pabriknya
Dunia

Takut Didemo Seperti GM, Ford dan Stellantis, Tesla Janjikan Naik Gaji ke Karyawan Pabriknya

  • Berhasil menaklukkan ketiga pabrik perusahaan otomotif kawakan tersebut, kali ini UAW berupaya untuk mengorganisir seluruh pabrik mobil non-serikat di Amerika Serikat termasuk pabrik perakitan dan baterai Tesla di Texas, California, dan Nevada.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Perusahaan mobil listrik milik orang terkaya di dunia, Elon Musk menjanjikan kenaikan gaji tahun 2024 untuk karyawan pabriknya. 

Langkah ini diambil Tesla seiring dengan upaya serikat pekerja United Auto Workers (UAW) mengorganisir pabrik-pabrik mobil listrik milik perusahaan tersebut di Amerika Serikat. 

Hal ini sebagaimana diumumkan UAW pada hari Kamis, 11 Januari 2024 yang menyebut bahwa pekerja Tesla telah memberi tahu serikat tentang pernyataan perusahaan terkait kenaikan gaji tersebut. Meski begitu, tidak ada rincian pasti mengenai besaran kenaikannya. 

Seperti diketahui, UAW telah sukses menggolkan kontrak dengan tiga produsen mobil di Detroit tahun lalu yaitu GM, Ford, dan Stellantis. Kontrak berhasil diteken setelah pekerja melakukan mogok serentak dan disebut-sebut sebagai mogok pekerja industri paling besar dalam beberapa dekade di Amerika Serikat. 

Berhasil menaklukkan ketiga pabrik perusahaan otomotif kawakan tersebut, kali ini UAW berupaya untuk mengorganisir seluruh pabrik mobil non-serikat di Amerika Serikat termasuk pabrik perakitan dan baterai Tesla di Texas, California, dan Nevada. 

UAW mengungkapkan bahwa upaya pengorganisasian mereka akan difokuskan pada lebih dari selusin pabrik di AS yang dioperasikan oleh Toyota, Honda, Hyundai, Nissan, Subaru, Mazda, Volkswagen, Mercedes, BMW, dan Volvo. Tesla juga termasuk dalam daftar tersebut, bersama dengan perusahaan mobil listrik startup Rivian dan Lucid.

Presiden UAW, Shawn Fain, menyebut kenaikan gaji di produsen mobil non-serikat sebagai "UAW bump," dengan maksud bahwa kenaikan tersebut diberikan untuk menghambat upaya pengorganisasian serikat.

"Walaupun kenaikan gaji ini bagus, tetapi tetap belum mencapai seberapa besar perusahaan mampu dan seberapa besar nilai pekerja otomotif sebenarnya," ujar Fain dalam pernyataannya pada hari Kamis.

Berdasarkan laporan Bloomberg News, pekerja produksi, penangan material, dan pemeriksa kualitas Tesla akan menerima kenaikan gaji "penyesuaian pasar" sesuai dengan informasi yang dilaporkan pada Kamis pagi.