<p>Sejumlah jurnalis dari berbagai media di Kota Tangerang menggelar aksi solidaritas atas kekerasan yang dilakukan aparat terhadap jurnalis Tempo Nurhadi di Surabaya. Nurhadi, jurnalis Tempo di Surabaya, mengalami kekerasan beberapa waktu yang lalu. Aksi berlangsung di Tugu Adipura Tangerang , Rabu 31 Maret 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Dunia

Taliban Buru 3 Jurnalis DW, 1 Anggota Keluarga Terbunuh

  • Taliban memburu tiga jurnalis Deutsche Welle (DW) dan telah menembak mati satu anggota keluarganya dan melukai yang lainnya. Taliban juga sedang melakukan penggeledahan dari rumah ke rumah untuk mencoba menemukan para jurnalis yang sekarang bekerja di Jerman.
Dunia
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - Taliban memburu tiga jurnalis Deutsche Welle (DW) dan telah menembak mati satu anggota keluarganya dan melukai yang lainnya. Taliban juga sedang melakukan penggeledahan dari rumah ke rumah untuk mencoba menemukan para jurnalis yang sekarang bekerja di Jerman.

Mengutip DW, kerabat jurnalis lainnya dapat melarikan diri pada saat penggeledahan dan sekarang dalam pelarian. Taliban mengejar  jurnalis, pembangkang dan orang-orang yang terkait dengan pasukan Barat dan mantan pemerintah setelah menguasai Kabul.

Direktur Jenderal DW Peter Limbourg mengecam keras dan meminta pemerintah Jerman untuk mengambil tindakan.  Namun dia tidak menyebutkan nama para jurnalis  atau lokasi keluarganya karena nyawa mereka masih dalam keadan bahaya.

"Pembunuhan kerabat dekat salah satu editor kami oleh Taliban kemarin sungguh tragis, dan membuktikan bahaya akut di mana semua karyawan kami dan keluarga mereka di Afghanistan menemukan diri mereka sendiri," ujarnya pada Kamis, 19 Agustus 2021.

"Jelas bahwa Taliban sudah melakukan pencarian terorganisir untuk wartawan, baik di Kabul maupun di provinsi-provinsi. Kami kehabisan waktu!" imbuhnya.

DW telah bergabung dengan media-media nasional menerbitkan surat terbuka yang meminta pemerintah Jerman untuk membuat program visa darurat bagi staf Afghanistan.

Asosiasi Jurnalis Jerman (DJV) juga menyerukan kepada pemerintah Jerman untuk mengambil tindakan cepat, mengingat para jurnalis yang bekerja untuk media Barat kini sedang diburu.

"Jerman tidak boleh berpangku tangan sementara rekan-rekan kita dianiaya dan bahkan dibunuh," kata Frank Uberall, ketua DJV.

Dia mengatakan bahwa menyelamatkan para jurnalis sekarang dan menawarkan mereka perlindungan di Jerman sangat penting.

Aksi Taliban ini secara serius merusak klaim bahwa mereka tidak akan membalas terhadap pembangkang dan mereka yang bekerja untuk angkatan bersenjata AS, NATO dan Afghanistan serta pemerintahan mantan Presiden Ashraf Ghani.

Upaya Taliban untuk menampilkan citra yang lebih moderat sejak mereka meraih kekuasaan pada 15 Agustus juga telah ditentang oleh laporan berulang tentang pemukulan dan pembunuhan oleh para militan.

Sebelumnya, Taliban menculik Nematullah Hemat dari stasiun televisi swasta Ghargasht TV diyakini telah diculik oleh Taliban.

Selain itu, Toofan Omar, kepala stasiun radio swasta Radio Paktia Ghag, menjadi sasaran dan ditembak mati oleh para pejuang Taliban.

Taliban juga menembak dan membunuh penerjemah Amdadullah Hamdard, yang sering menjadi kontributor surat kabar Jerman Die Zeit, pada 2 Agustus di kota Jalalabad, Afghanistan timur.

Dan sebulan yang lalu, fotografer India yang terkenal di dunia dan pemenang Hadiah Pulitzer Denmark Siddiqui meninggal di Kandahar, diduga dibunuh oleh Taliban.

Organisasi Reporters Without Borders telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan sesi khusus untuk mengatasi ancaman terhadap jurnalis di Afghanistan.*