Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan KGPAA Mangkunegara X meninjau Taman Pracima beberapa waktu lalu.
Gaya Hidup

Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo: Fasilitas, Tiket hingga Jam Buka

  • Kabar gembira untuk wisatawan dan pecinta bangunan bersejarah. Taman Pracima atau Pracima Tuin akhirnya resmi dibuka hari Sabtu 21 Januari 2023.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO - Kabar gembira untuk wisatawan dan pecinta bangunan bersejarah. Taman Pracima atau Pracima Tuin akhirnya resmi dibuka hari Sabtu, 21 Januari 2023 setelah melalui proses revitalisasi. Di bawah kepemimpinan Mangkunegara X, taman yang berada di kompleks Pura Mangkunegaran itu bakal dibuka untuk publik. 

Fasilitas taman seluas 1.000 meter persegi ini cukup lengkap. Ada tiga bangunan utama yakni Pracimasana, Pracimaloka dan Pracimawisik yang memfasilitasi kegiatan kuliner, pengolahan hasil bumi hingga pengembangan seni budaya. 

Selain itu, taman yang dibangun di era Mangkunegara VII ini juga memiliki banyak spot foto menarik. Hal itu tak lepas dari lanskap bangunan bersejarah yang dimiliki Taman Pracima. Taman yang dibangun tahun 1920-an itu juga memiliki hamparan bunga dan kolam air mancur yang menyejukkan.

Jika ingin bersantai sambil ngobrol, ada bangku taman dan gazebo yang ada di penjuru taman. Taman Pracima juga memiliki restoran yang menyajikan beragam menu kuliner khas Mangkunegaran seperti urap pitik linting, stik keju dapur istana, ketan Mangkunegaran, apam, kolak, gudeg jangkep, dendeng age hingga garang asem. 

Bagaimana lokasi parkirnya? Tenang, Taman Pracima menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Aksesnya pun mudah karena berada di dekat pintu masuk Pura Mangkunegaran. 

Jam Buka dan Tiket Masuk

Hingga kini Pura Mangkunegaran belum mematok harga tiket untuk masuk Taman Pracima alias gratis. Namun untuk memasuki kawasan Pura Mangkunegaran, harga tiket biasa dibanderol Rp20.000 untuk wisatawan lokal dan Rp40.000 untuk wisatawan asing. 

Taman Pracima buka setiap hari selama 24 jam. Namun disarankan berkunjung ke tempat ini pukul 08.00-17.00 WIB untuk menikmati fasilitas secara optimal. Di jam tersebut, pengunjung juga bisa menelusuri wisata sejarah di Pura Mangkunegaran.