ACE Hardware.jpg
Pasar Modal

Tambah 15 Toko Baru, SSSG Ace Hardware (ACES) Diproyeksikan Tumbuh 5 Persen

  • Pendapatan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) diyakini meningkat menyusul proyeksi pertumbuhan rata-rata penjualan tiap gerai (same store sales growth/SSSG) sebesar 5% hingga pembukaan 10-15 toko baru sepanjang tahun 2023.
Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA - Pendapatan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) diyakini meningkat menyusul proyeksi pertumbuhan rata-rata penjualan tiap gerai (same store sales growth/SSSG) sebesar 5% hingga pembukaan 10-15 toko baru sepanjang tahun 2023.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Rut Yesika Simak memperkirakan pemulihan kinerja keuangan perseroan masih akan berlanjut ke depannya, dengan capaian kuartal I-2023 menjadi titik terendah.

Rut menyatakan bahwa kinerja ACES pada tahun ini akan didukung oleh SSSG yang kuat, pengenalan produk baru, penambahan toko baru, dan boom sale. Dia percaya inisiatif perseroan ini akan membantu mengurangi tingkat persediaan yang tinggi.

“Kami memperkirakan SSSG ACES pada 2023 akan tumbuh sebesar 5 persen dengan 10-15 toko baru,” ujarnya dalam sebuah riset yang dirilis Rabu, 14 Juni 2023.

Menurutnya, perseroan dapat mencatatkan SSSG yang solid meskipun dia sendiri memproyeksikan akan ada sedikit kontraksi dalam pertumbuhan secara bulanan dari SSSG pada bulan Mei 2023 karena normalisasi konsumsi domestik setelah Hari Raya Idulfitri.

Lebih lanjut, Rut berharap pendapatan ACES akan terus meningkat karena adanya peningkatan penjualan yang diharapkan dari Juni hingga awal Agustus 2023, serta periode akhir tahun sekitar November hingga Desember 2023.

“Dari hasil observasi kami saat pengecekan langsung menunjukkan peningkatan traffic pengunjung selama akhir pekan di Kota Kasablanka dan Grand Indonesia Mall pada bulan Juni 2023,” paparnya.

Dengan berbagai analisis itu, Rut melakukan transfer coverage pada saham ACES dari analis sebelumnya dengan rekomendasi beli dan target harga sebesar Rp840 per lembar saham. Ini mengisyaratkan rata-rata P/E tercampur sebesar 19,3 kali dari rata-rata P/E lokal dan regional

“Valuasi ini juga mengambarkan 19,6 kali P/E dari -1 SD dari P/E forward rata-rata 5 tahun, yang mengimplikasikan 19,4 kali P/E forward kami pada 2023,” pungkasnya.

Sepanjang kuartal I-2023, laba bersih ACES meningkat 3,2% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp158 miliar dan terkoreksi 29,3% dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, didukung oleh pemulihan penjualan dan peningkatan SSSG perseroan.

Pada periode yang sama, perseroan membukukan kenaikan penjualan 4,7% yoy menjadi Rp1,7 triliun, didorong oleh pertumbuhan penjualan pada semua segmen, yaitu segmen perbaikan rumah, gaya hidup, dan produk mainan, yang mengalami peningkatan masing-masing 6,3%, 1,2%, dan 4%. Dalam hal wilayah, pertumbuhan di luar Jawa berkontribusi signifikan, dengan pertumbuhan 9,7% yoy per April 2023.