Gardu PLN
Nasional

Tambah Kapasitor di Gardu Induk Jember, PLN Rogoh Kocek Rp6,8 Miliar

  • PT PLN Unit Induk Transmiri (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBM) menggelontorkan investasi senilai Rp6,8 miliar untuk menambah kapasitor di Gardu Induk (GI) Puger, Jember, Jawa Timur.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA — PT PLN Unit Induk Transmiri (UIT)  Jawa Bagian Timur dan Bali (JBM) menggelontorkan investasi senilai Rp6,8 miliar untuk menambah kapasitor di Gardu Induk (GI) Puger, Jember, Jawa Timur.

Penambahan kapasitor ini berguna untuk meningkatkan kualitas tegangan listrik kepada salah satu kategori konsumen tegangan tinggi (KTT) yaitu  PT Semen Imasco Asiatic dengan daya terpasang sebesar 30 Megavolt Ampere (MVA).

General Manager PLN UIT JBM, Didik F. Dakhlan mengatakan, penambahan kapasitor ini berguna untuk meningkatkan kualitas tegangan listrik pada pelanggan yang berada jauh dari pusat pembangkit.

“Dengan adanya penambahan kapasitor ini, tegangan listrik di seluruh pelanggan pastinya lebih andal terlebih pelanggan KTT yang banyak menggunakan mesin-mesin elektronik dalam produksi,” kata Didik dalam laman resmi PLN, dikutip Kamis, 19 Mei 2022.

Sebelum dilakukan penambahan kapasitor, tegangan yang terukur ialah sebesar 143 kilo Volt (kV) setelah beroperasinya Kapasitor 1. Namun tegangan meningkat menjadi 146 kV, sehingga terjadi kenaikan sekitar (+-2kV) untuk menyesuaikan kondisi sistem.

General Manager PLN UIT JBM Didik F. Dakhlan mengatakan akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya pelanggan Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) .

“Dengan adanya penambahan kapasitor ini, tegangan listrik di seluruh pelanggan pastinya lebih andal terlebih pelanggan KTT yang banyak menggunakan mesin-mesin elektronik dalam produksi,” kata Didik dalam keterangan tertulis pada Rabu, 18 Mei 2022.

PLN mengeluarkan biaya investasi sejumlah 6,8 miliar dalam proses penambahan kapasitor ini. Dalam waktu pengerjaan selama 251 hari dari 16 Agustus 2021 hingga 23 April 2022.

Dengan beroperasinya kapasitor baru diharapkan kualitas tegangan dan keandalan sistem kelistrikan untuk wilayah jember dan sekitarnya dapat berjalan lebih optimal.

Selain menyelesaikan proyek penambahan kapasitor di gardu induk, PLN UIT JBM saat ini sedang melakukan persiapan menjelang energize IBT 5 GITET Krian 500/150 kV 3 x 166,7 MVA.

Adanya pekerjaan tersebut diharapkan dapat mempelancar proses energize IBT 5 GITET Krian dan keandalan sistem transmisi sertai suplai pasokan listrik ke pelanggan dapat terus andal.