<p>Emiten alat berat PT United Tractors Tbk. membagikan dividen kepada pemegang saham. / Facebook @ptunitedtractorstbk</p>
Korporasi

Tambah Kepemilikan di Karya Supra Perkasa (KSP), United Tractors (UNTR) Rogoh Dana Rp249 Miliar

  • Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), UNTR melakukan realisasi peningkatan kepemilikan saham di KSP sebanyak 249.000 lembar saham dengan nilai nominal Rp249 miliar.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Dalam rangka menambah kepemilikan di PT Karya Supra Perkasa (KSP), PT United Tractors Tbk (UNTR) merogoh dana hingga Rp249 miliar.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), UNTR melakukan realisasi peningkatan kepemilikan saham di KSP sebanyak 249.000 lembar saham dengan nilai nominal Rp249 miliar.

Dengan dilaksanakannya transaksi ini per-24 Mei 2023, UNTR memiliki saham sebanyak 3.625.900 lembar di KSP.

Adapun transaksi untuk peningkatan kepemilikan saham UNTR selaku induk usaha dari KSP ini dilaksanakan untuk memberikan suntikan modal usaha bagi kebutuhan operasional KSP.

Sebagai informasi, adalah perseroan terbatas yang didirikan pada tahun 2014 dan bergerak di bidang perdagangan, pembangunan, dan industri.

UNTR menguasai 99,97% kepemilikan saham di KSP sementara PT United Tractors Pandu Engineering selaku anak usaha lainnya dari UNTR menguasai 0,03% kepemilikan di KSP.

"Peningkatan kepemilikan saham ini bukan merupakan transaksi benturan kepentingan sebagaimana dimaksud dalam POJK 42/2020 sehingga tidak memerlukan persetujuan pemegang saham independen," tulis Corporate Secretary UNTR Sara K. Loebis dikutip Minggu, 28 Mei 2023.

Peningkatan kepemilikan saham ini pun dikatakan Sara bukan sebagai transaksi material karena nilai peningkatan kepemilikan saham ini tidak memenuhi threshold yang ditetapkan dalam POJK 17/2020.