<p>Ilustrasi kapal Ocean 21 / Shipspotting.com </p>
Industri

Tambah Lagi, Anthoni Salim Kini Punya 10 Perusahaan Pelayaran di Singapura

  • JAKARTA – PT Infofood Sukses Makmur Tbk (INDF) yang merupakan produsen induk Indomie dari Grup Salim mengumumkan rencana pendirian tiga entitas perusahaan baru di Singapura. Sesuai hukum yang berlaku di Singapura, ketiga perusahaan ini nantinya bakal didirikan melalui anak usaha perseroan yakni Ocean 21 Holdings Pte. Ltd. Sekretaris Perusahaan Indofood Victor Suhendra mengungkapkan, tiga perusahaan […]

Industri
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Author

JAKARTA – PT Infofood Sukses Makmur Tbk (INDF) yang merupakan produsen induk Indomie dari Grup Salim mengumumkan rencana pendirian tiga entitas perusahaan baru di Singapura. Sesuai hukum yang berlaku di Singapura, ketiga perusahaan ini nantinya bakal didirikan melalui anak usaha perseroan yakni Ocean 21 Holdings Pte. Ltd.

Sekretaris Perusahaan Indofood Victor Suhendra mengungkapkan, tiga perusahaan baru ini antara lain, Ocean Gold Pte. Ltd, Oceon Jade Pte. Ltd, dan Ocean Perkasa Pte. Ltd. Semua perusahaan itu bakal bergerak dalam bidang pelayaran.

Untuk membangun ketiga perusahaan itu, Indofood pun telah menyiapkan dana sebanyak US$300.000 setara Rp4,4 miliar. Nantinya, masing-masing perusahaan bakal mendapatkan modal disetor sebesar US$100.000.

“Yang seluruhnya diambil bagian dan disetor oleh Ocean 21 Holdinds Pte. Ltd,” terang Victor dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dinukil Jumat 2 Oktober 2020.

Sebagaimana diketahui dari laporan keuangan Indofood semester I-2020, Ocean 21 sendiri merupakan anak usaha INDF yang sudah didirikan sejak 2006 dengan 100% kepemilikan saham. Ocean 21 memiliki tujuh anak usaha yang semuanya bergerak dalam bidang pelayaran. Sehingga dengan tiga tambahan perusahaan baru, maka kini total sudah ada 10 perusahaan pelayaran milik Grup Salim yang beroparasi di Singapura.

Sementara Indofood sendiri mayoritas sahamnya dimiliki oleh First Pacific Investment Management Limited (FPIML) yang berbasis di Hong Kong. Total kepemilikan saham FPIML di Indofood mencapai 50,07%. Sedang FPIML sendiri merupakan perusahaan milik Anthoni Salim yang merupakan penerus dari mendiang Sudono Salim (Liem Sioe Liong).

Anthoni Salim merupakan orang terkaya ke-6 di Indonesia versi Forbes 2019. Pria berusia 71 tahun ini ditaksir memiliki kekayaan senilai US$5,5 miliar atau setara Rp88 triliun. (SKO)