Direksi Tancorp Group
Korporasi

Tancorp Tender Offer Saham Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) 300 Juta Lembar

  • Perusahaan holding asal Surabaya, PT Tancorp Bangun Indonesia (TBI) melaksanakan penawaran tender wajib atau tender offer saham PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK)
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Perusahaan holding asal Surabaya, PT Tancorp Bangun Indonesia (TBI) melaksanakan penawaran tender wajib atau tender offer saham PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK).

Seperti dikutip dari keterbukaan informasi CAKK, penawaran tender wajib dilakukan atas saham CAKK yang dimiliki oleh publik dengan jumlah sebanyak-banyaknya 300.000.219 dengan nilai nominal Rp100 atau seluruhnya 24,93% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Adapun harga tender offer adalah sebesar Rp229 yang merupakan harga tertinggi antara harga pengambilalihan yang telah dilakukan dan rata-rata dari harga tertinggi perdagangan harian di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu nilai total tender offer sebanyak-banyaknya adalah Rp68,70 miliar.

Sementara itu, alasan pengambilalihan CAKK oleh TBI adalah untuk memperkuat dan mengembangkan portofolio investasi di sektor industri bahan bangunan, serta melihat bahwa CAKK memiliki potensi untuk berkembang di masa yang akan datang.

Selain itu, TBI setelah aksi korporasi ini tidak memiliki rencana untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

- Menghapuskan pencatatan saham CAKK dari BEI

- Mengajukan perubahan status CAKK dari perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup

- Melikuidasi CAKK

Sebelumnya pada 19 Oktober 2022, TBI menandatangani perjanjian jual beli saham dengan PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) untuk pengambilalihan dengan cara mengakuisisi 662 juta lembar saham atau setara dengan 55,02% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan harga Rp229. Adapun nilai total transaksi pengambilalihan adalah sebesar Rp151 miliar.

Selain itu penawaran tender wajib ini akan berlangsung selama 30 hari sejak pukul 09.00 WIB pada tanggal 22 November 2022 sampai dengan pukul 15.00 WIB pada tanggal 21 Desember 2022. Lalu, untuk tanggal pembayarannya akan dilaksanakan pada 23 Desember 2022.