Kantor Bank Commonwealth
Perbankan

Tangkal Serangan Siber, Bank Commonwealth Raih Sertifikasi ISO 27001

  • PT Bank Commonwealth resmi mengantongi sertifikasi ISO 27001.
Perbankan
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Entitas terpisah Commonwealth Bank of Australia (CBA), PT Bank Commonwealth resmi mengantongi sertifikasi ISO 27001. Hal ini merupakan komitmen perseroan untuk keamanan informasi data perbankan nasabah. 

Direktur Operations, Information Technology & Finance Bank Commonwealth Timothy Delahunty mengatakan, perseroan selalu menempatkan keamanan informasi nasabah di prioritas teratas, dan kami telah memfokuskan upaya dan investasi untuk meningkatkan postur keamanan siber.

“Hal ini karena beberapa waktu terakhir banyak insiden siber yang terjadi secara global, kami percaya sertifikasi ISO 27001 harus dilakukan, dan meraih sertifikat ini menunjukkan komitmen kami untuk menjaga keamanan data nasabah,” kata Timothy Delahunty dalam siaran pers dikutip Rabu 04 Oktober 2023. 

Apa Itu ISO 27001 

Sebagai informasi, sertifikasi ISO 27001 merupakan kerangka praktik terbaik yang diakui secara internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi. Sertifikasi ini menanamkan pendekatan holistik keamanan terhadap manusia, kebijakan, dan teknologi agar dapat mengidentifikasi risiko dengan lebih baik dan menerapkan langkah keamanan yang tepat. 

Timothy menjelaskan, Bank Commonwealth memiliki sejumlah saluran digital untuk melayani kebutuhan nasabah, seperti CommBank Mobile, CommBank SmartWealth, internet banking, dan e-Kiosk di kantor cabang.

Dengan memperoleh sertifikasi ISO 27001, perusahaan menunjukkan bahwa sistem manajemen keamanan informasinya telah memenuhi praktik terbaik internasional dan memiliki kemampuan untuk mengelola informasi dengan aman.

Menurut Timothy, sertifikasi ISO 27001 ini memegang peranan penting dalam proses verifikasi nasabah dan calon nasabah untuk proses pembukaan rekening melalui aplikasi perbankan CommBank Mobile yang dapat diakses melalui telepon genggam.

Penyerahan sertifikat ISO 270001 dilakukan secara simbolis oleh Direktur Keuangan PT BSI Group Indonesia Kusuma Widjaja kepada Direktur Operations, Information Technology & Finance Bank Commonwealth Timothy Delahunty di kantor pusat Bank Commonwealth, Jakarta, 2 Oktober 2023.

Penjualan SR019 Tumbuh 25%

Belum lama ini, Bank Commonwealth sebagai salah satu distribusi Sukuk Ritel Seri SR019, mengumumkan di akhir masa penawaran terkait penjualan terkait produk investasi tersebut tumbuh 25% dibanding seri sebelumnya yaitu SR018.

Head of Investment Business Bank Commonwealth Daniel Arifin menjelaskan, jika dilihat dari komposisi tenor, hingga 60% dari total volume pemesanan SR019 di Bank Commonwealth berasal dari SR019 tenor tiga tahun atau SR019T3. 

Hal ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Keuangan menambah kuota penjualan SR019 tenor tiga tahun dengan mempertimbangkan tingginya antusiasme masyarakat.

“Kami melihat investor cenderung lebih nyaman dengan tenor Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)  ritel yang lebih pendek di mana secara risiko relatif lebih rendah, selain karena dari sisi tingkat kupon juga masih sangat menarik dibandingkan dengan deposito, hal itu masih menjadi daya tarik utama bagi investor,” kata Daniel Arifin.

Diketahui SR019 sendiri memiliki dua pilihan tenor yaitu SR019T3 dengan tenor tiga tahun dan imbal hasil 5,95% tetap gross per tahun dan SR019T5 dengan tenor lima tahun dan imbal hasil 6,10% tetap gross per tahun.