Tekno

Tank T-90M Rusia Debut di Perang Ukraina, Ini Kehebatannya

  • Selama ini T-90 Rusia sudah terlibat di Perang Ukraina, tetapi mereka berasal dari varian T-90A. Beberapa di antaranya hancur karena sitem rudal antitank Ukraina.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Main battle tank  T-90M Proryv  Rusia terlihat di wilayah Kharkiv Ukraina. Ini menjadi penampakan pertama tank baru tersebut  di medan perang sejak  Kremlin meluncurkan serangan dua bulan lalu.

Selama ini T-90 Rusia sudah terlibat di Perang Ukraina, tetapi mereka berasal dari varian T-90A. Beberapa di antaranya hancur karena sitem rudal antitank Ukraina.

Video dan gambar yang muncul menunjukkakn tank T-90M dengan sistem kamuflase Nakidka yang dimaksudkan untuk mengurangi sinyal inframerah, termal, dan  radar. Pada intinya, ini adalah kamuflase yang terbuat dari bahan penyerap radio dan peredam Infra merah yang dirahasiakan. Kamlufase dimaksudkan untuk membuat kendaraan besar seperti tank mudah disembunyikan di medan perang, bahkan dari radar dan pencitraan termal.

 T-90M jauh melampaui pendahulunya T-90A dalam hal efisiensi tempurnya sambil mempertahankan keunggulan model sebelumnya seperti keandalan yang luar biasa dan  perawatan minimum dalam operasinya.

T-90M adalah versi perbaikan dari tank T-90. Terkadang tank juga  disebut sebagai "Proryv-3" Prorivy sendiri berarti terobosan. 

Tank pertama kali diungkapkan kepada publik pada tahun 2017 dan  memiliki sejumlah perbaikan dari T-90A. Varian ini  mengikuti garis tank T-90MS yang dirancang untuk ekspor dan menggunakan beberapa komponen serupa. 

T-90M diujicoba oleh Angkatan Darat Rusia pada tahun 2017. Pada tahun yang sama sebuah kontrak ditandatangani untuk mengirimkan batch pertama 10 tank T-90M  ke Angkatan Darat Rusia dan untuk mengupgrade 20 tank T-90A lainnya menjadi standar  T-90M. Varian yang ditingkatkan ini kemudian dikenal sebagai T-90AM.

Pengiriman batch pertama ini dilaporkan dimulai pada 2019. Pada tahun 2021 diumumkan bahwa tank ini dikirim ke tentara Rusia dalam jumlah besar.

Tank T-90M yang ditingkatkan telah meningkatkan perlindungan lapis baja. Dia juga menggunakan Explosive Reactive Armor (ERA) Relikt sebagai pengganti Kontakt-5.  Ini memberikan perlindungan terhadap hulu ledak tandem dan secara signifikan mengurangi penetrasi amunsi APFSDS. 

T-90M dilengkapi dengan side skirt karet dengan pelat pelindung bawaan. Beberapa area tank ditutupi oleh pelindung kandang dan jaring khusus, yang meningkatkan perlindungan terhadap jenis senjata anti-tank tertentu. Tank juga dilengkapi dengan perlindungan NBC dan sistem pencegah kebakaran otomatis. Interior dilapisi dengan spall liner.

Ada juga sistem penanggulangan yang memicu pelepasan granat asap setelah tank disorot oleh sinar laser. Sistem ini secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena senjata anti-tank musuh yang dipandu dengan panduan semi-otomatis.

Persenjataan

T-90M dipersenjatai dengan meriam 2A46M-4 baru yang memiliki jangkauan lebih jauh dan 15-20% lebih akurat daripada meriam standar meriam 2A46M T-90.  Tank menggunakan amunisi 125 mm  yang sama dengan tank tempur utama Rusia lainnya yang terdiri dari  putaran APFSDS, High exspolosif dan high exsplosif fragmentasi. Juga dapat meluncurkan rudal anti-tank 9M119 Refleks  dengan cara yang sama seperti amunisi biasa. Rudal ini memiliki jangkauan 4-5 km dan juga dapat menyerang helikopter yang terbang rendah. Sebanyak 43 peluru, termasuk rudal, dibawa untuk meriam utama.

T-90M menggunakan autoloader dengan sebanyak  22 amunisi tersimpan di autoloader dan siap digunakan.

Persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin koaksial 7,62 mm. Ada juga stasiun senjata yang dikendalikan dari jarak jauh yang dipasang di atap. Stasiun ini  dipersenjatai dengan senapan mesin berat 12,7 mm. Kedua senapan mesin dioperasikan di bawah lapis baja. 

T-90M memiliki sistem pengendalian tembakan baru dan perangkat pengamatan serta bidikan yang diperbarui. Tank Rusia baru ini memiliki kemampuan sebagai pemburu dan  pembunuh. Komandan tank menggunakan sight panorama dengan penglihatan termal untuk mencari target. 

Setelah target dipilih, meriam diarahkan  pada target secara otomatis dan penembak menyelesaikan semua proses membidik dan menembak. Selama waktu itu komandan mencari target berikutnya. Selanjutnya sistem akuisisi target melacak target yang dipilih secara otomatis. 

Pada 2021 juga terlihat T-90M  memiliki semacam tiang teleskopik yang dilengkapi dengan sensor optic. Ini  yang memungkinkan untuk pengawasan saat tank berada di dalam persembunyian.

Tank ini ditenagai oleh mesin diesel multi-bahan bakar V-92S2, yang menghasilkan 1.000 tenaga kuda.  Juga  dilengkapi dengan unit daya tambahan yang memberi daya pada semua sistem, saat mesin utama dimatikan.  Kendaraan memiliki bajak   dan kit rendam yang memungkinak tank  dapat mengarungi rintangan air hingga kedalaman 5 m.

Tank  memiliki berat  46.5 ton, dengan panjang hingga ujung meriam adalah 9.53 meter. Diawaki tiga kru tank bisa melaju pada kecepatan maksimum  60 km per jam dengan rentang 550 km untuk sekali pengisian bahan bakar.