Penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara BKI dengan sejumlah BUMN yakni PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Perum Perhutani, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), PT Pupuk Indonesia (Persero), MIND ID, PT Perkebunan Nusantara (Persero), dan EMI yang dilaksanakan di Kantor Kementerian BUMN, Rabu, 2 Februari 2022.
Nasional

Target Emisi Nol Bersih 2060, BUMN Siapkan 'Pilot Project' Dekarbonisasi

  • Kementerian BUMN dan BUMN menyiapkan pilot project dekarbonisasi Indonesia guna mencapai target emisi nol bersih atau net zero carbon emission pada tahun 2060.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan pilot project dekarbonisasi Indonesia guna mencapai target emisi nol bersih atau net zero carbon emission pada tahun 2060.

Pilot project tersebut juga dibuat untuk mendukung pembangunan rendah karbon sesuai Paris Agreement 2015 untuk target pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) berbasis National Determined Contribution (NDC) hingga 29% sebagaimana yang disampaikan pada pertemuan COP26 Glasgow pada November 2021 lalu.

Guna mewujudkan visi tersebut, Kementerian BUMN memberikan amanah kepada IDSurvey (Holding BUMN Jasa Survei) melalui induk holdingnya yaitu PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI bekerja sama dengan PT Energy Management Indonesia (EMI) dalam menjalankan bisnis berbasis ekonomi hijau dengan menyiapkan pilot project dekarbonisasi di Indonesia.

Upaya ini dilakukan dengan melakukan inisiasi penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara BKI dengan sejumlah BUMN yakni PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Perum Perhutani, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), PT Pupuk Indonesia (Persero), MIND ID, PT Perkebunan Nusantara (Persero), dan EMI yang dilaksanakan di Kantor Kementerian BUMN, Rabu, 2 Februari 2022.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury dalam sambutannya mengatakan, Kementerian BUMN dan BUMN sangat serius untuk menjadi pioneer dan juga role model dalam hal penerapan dekarbonisasi.

Pada 2021 lalu, Kementerian BUMN dan BUMN telah melakukan beberapa inisiatif, dan bahkan memiliki Program Management Office (PMO) khusus yang mengkoordinasikan beberapa BUMN.

Terdapat 4 PMO Inisiatif Ekosistem dalam rangka mendukung implementasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK), yaitu BUMN Carbon Market, Green Industry Cluster, Maksimalisasi NBS Potential, dan Scale-up EV Adoption.

"Ada 7 BUMN yang bergabung pada saat itu, dan termasuk juga yang hadir dalam kesempatan siang hari ini, yaitu PTPN, Pupuk Indonesia, Pertamina, Mind ID, PLN, Semen Indonesia, BKI, begitu juga dengan Perhutani yang kita lihat merupakan BUMN yang memiliki potensi untuk bersinergi," katanya dalam keterangan pers, Kamis, 3 Februari 2022.

Dia menambahkan menindaklanjuti PMO Penerapan Dekarbonisasi tersebut, Kementerian BUMN melakukan penandatanganan nota kesepahaman.

Pasalnya, berdasarkan hasil identifikasi PMO telah ditemukan beberapa hal, salah satunya diperlukan adanya inisiatif untuk bisa menurunkan emisi dari huku ke hilir, terutama melalui efisiensi energi, migrasi, atau perubahan jenis energi yang mungkin memiliki emisi yang lebih tinggi agar dapat diubah menuju emisi yang lebih rendah.

"Ada dua hal lain yang juga sudah diidentifikasi, yaitu bagaimana kita bisa melihat pengembangan dari usaha line of business yang mungkin akan bisa menjadi pendorong untuk menurunkan emisi, misalnya pengembangan daripada ekosistem EV (electric vehicle) pada kendaraan roda dua dan roda empat, atau pun bagaimana kita mengembangkan Green Industry Cluster, geothermal, dan energi baru dan terbarukan," imbuhnya Pahala.

Pahala berharap, dalam waktu dekat, MoU yang ditandatangani kali ini dapat segera  diimplementasikan dalam rencana kerja strategis BUMN yang terkait.

"Harapan kami adalah bahwa kita bisa terus maju dari MoU menjadi implementasi, untuk bisa melakukan penilaian, best lining, certification, dan sekaligus melakukan penerapan penurunan emisi ke depannya," katanya.

Direktur Utama BKI selaku induk dari holding IDSurvey dalam sambutannya mengatakan BUMN memiliki peran vital sebagai verifikator dan menjalankan validasi pendukung pasar karbon.

"Pilot project untuk dekarbonisasi ini akan menjadi pilot perdagangan karbon yang dapat mendukung terpenuhinya target NDC 2030 dan target zero emission 2060 serta pembangunan rendah karbon yang sesuai dengan target pembangunan berkelanjutan," katanya.

Dia menambahkan BUMN akan mengambil peran utama dalam proses akselerasi ekonomi hijau dengan membentuk pasar karbon di Indonesia. Nantinya, pilot project ini akan menyusun program kerja termasuk mengkoordinasikan proyek strategis dan aksi korporasi yang mendukung program implementasi dekarbonisasi BUMN.

"Peran utama BUMN pada lembaga verifikasi dan validasi guna mendukung kegiatan seperti pengukuran dan inventori data emisi karbon, pengelolaan dokumen pengembangan proyek rendah karbon serta pengembangan teknologi rendah emisi," katanya.