<p>Pembangunan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran. / Dok. Kementerian PUPR</p>
Nasional

Target Rampung Akhir 2020, Konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Capai 86,46 Persen

  • JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres pembangunan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran telah mencapai 86,46%. Ruas tol sepanjang 14,19 kilometer ini merupakan salah satu upaya mendukung konektivitas pada kawasan metropolitan Jabodetabek. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan selain mendukung konektivitas, pembangunan jalan tol ini juga bertujuan untuk mengurangi […]

Nasional
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres pembangunan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran telah mencapai 86,46%. Ruas tol sepanjang 14,19 kilometer ini merupakan salah satu upaya mendukung konektivitas pada kawasan metropolitan Jabodetabek.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan selain mendukung konektivitas, pembangunan jalan tol ini juga bertujuan untuk mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road Toll) I yang semakin padat setiap harinya

“Kehadiran Jalan Tol JORR II nantinya juga bisa menjadi jalan distribusi logistik dari dan ke kawasan industri sekitar Ibu Kota Jakarta,” kata Danang dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, 4 September 2020.

Untuk Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran diharapkan rampung pada akhir tahun 2020. Selain itu Jalan Tol ini juga diharapkan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya.

Nantinya jalan tol ini juga akan tersambung dengan Jalan Tol Serpong-Cinere yang pembangunannya juga akan selesai pada akhir tahun 202. Jalan Tol ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi sejak Desember 2019 lalu.

Adapun, Jalan Tol JORR II terbagi menjadi enam ruas. Diantaranya, Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 kilometer), Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 kilometer), Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 kilometer), Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,64 kilometer), dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (25,39 kilometer).

Kemudian, Jalan Tol Cibitung – Cilincing (34,02 kilometer), serta Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (14,19 kilomter). Untuk Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran terbagi menjadi empat seksi.

Keempat seksi itu antara lain ruas Kunciran-Tirtayasa (seksi I) sepanjang 2,04 kilometer, ruas Tirtayasa-Benteng Betawi (seksi II) sepanjang 3,52 kilometer, ruas Benteng Betawi-H.Sastranegara (seksi III) sepanjang 6,57 kilometer, dan H.Sastranegara-SS Benda (seksi IV) sepanjang 2,06 kilometer.