Tawarkan Peluang Investasi Berdampak ESG, Deliveree Klaim Sudah Kurangi 3 Juta Emisi Karbon
Nasional

Tawarkan Peluang Investasi Berdampak ESG, Deliveree Klaim Sudah Kurangi 3 Juta Emisi Karbon

  • Perusahaan logistik Deliveree mengklaim berhasil mengurangi sebanyak 3 juta emisi karbon dalam periode 12 bulan terakhir yang berakhir pada April 2023.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Deliveree berkomitmen untuk mengembangkan solusi logistik berkelanjutan yang berdampak positif. Perusahaan saat ini ini tengah menggalang putaran ekuitas terakhir sebelum berencana untuk melakukan penawaran umum perdana (IPO) dalam waktu dekat.

Dalam periode 12 bulan terakhir yang berakhir pada April 2023, Deliveree mengklaim telah berhasil mengurangi sebanyak 3 juta emisi karbon penyebab perubahan iklim. 

"Mengurangi emisi CO2 penting untuk mengurangi dampak perubahan iklim di planet kita. Hal ini membantu membatasi pemanasan global dan efek buruknya," tulis Deliveree dalam laporan bertajuk Hasil Dampak ESG 2022/23.

Dalam komitmennya di sisi keberlanjutan, Deliveree fokus terhadap empat metrik data dalam kategori ESG. Yakni pengurangan emisi, pengurangan lalu lintas, peningkatan penghasilan, serta edukasi ekonomi baru.

Deliveree mengungkapkan, marketplace-nya saat ini telah menjadi alat yang kuat bagi para pengemudi dan perusahaan trucking untuk meningkatkan pemanfaatan truk. Dengan penggunaan yang lebih efisien, maka lebih sedikit truk yang diperlukan untuk mengangkut jumlah barang yang sama, sehingga mengurangi emisi CO2.

Pihaknya juga mengklaim telah mengurangi penggunaan jalan raya oleh truk sebesar 5,3 juta kilometer selama periode yang sama. Penghematan penggunaan jalan oleh truk turut memberikan manfaat lain, seperti mengurangi keausan infrastruktur jalan dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Selain manfaat di sisi lingkungan, Deliveree memaparkan dampak positif lain dalam hal peningkatan penghasilan para mitra. "Meningkatkan penghasilan adalah strategi penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi kemiskinan di antara puluhan ribu pengemudi Deliveree,".

Deliveree juga memberikan edukasi tentang ekonomi baru kepada ribuan vendor yang bergabung dengan platform mereka. Mereka melatih vendor-vendor tersebut dalam menghasilkan pendapatan melalui gig economy yang didukung penggunaan aplikasi.

"Kami merasa penting bagi anggota komunitas kami yang berharga ini untuk menerima pengenalan dan pendidikan tentang ekonomi dunia baru dan dua kekuatan kuat yang membantu membentuknya: aplikasi seluler dan gig economy," jelas Deliveree.