<p>Poster Film Perempuan Tanah Jahanam karya Joko Anwar / Istimewa</p>
Gaya Hidup

Tayang di Netflix, Simak Sinopsis Film Joko Anwar Perempuan Tanah Jahanam

  • Film garapan Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam sudah bisa disaksikan melalui platform over the top (OTT) Netflix mulai 1 Oktober 2021
Gaya Hidup
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA - Film garapan Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam sudah bisa disaksikan melalui platform over the top (OTT) Netflix mulai 1 Oktober 2021. Film yang tayang di bioskop pada 17 Oktober 2019 ini mendapat sorotan usai berhasil tayang di Sundance Film Festival.

Perempuan Tanah Jahanam juga diputar di Far East Film Festival sekaligus menjadi Italian Premier. Di bulan Juli 2020, Perempuan Tanah Jahanam diputar di bioskop Taiwan dan tayang di Buncheon International Film Festival (BIFAN) sekaligus menjadi Korean Premiere. Di BIFAN, film ini juga berhasil menyabet penghargaan Melies International Festival Federation (MIFF) untuk Best Asian Film pada 2020.

Perempuan Tanah Jahanam menceritakan kisah Maya  (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita) yang merantau dan bekerja sebagai petugas penjaga tol. Kesulitan finansial terus dialami dua orang sahabat ini ketika bekerja. 

Hingga suatu saat, Maya dan Dini mendapatkan informasi soal warisan yang ditinggalkan leluhurnya di kampung halaman. Hal ini pun membawa dua orang sahabat ini mengalami pengalaman menyeramkan saat tinggal di kampung halamannya. 

Sederet kejanggalan terus dirasakan keduanya. Warga desa juga nampak tidak senang dengan kedatangan Maya dan Dini. Hingga pada suatu hari ketika Maya hendak mencari makan, Dini didatangi oleh dua warga suruhan Ki Saptadi, kepala desa sekaligus dalang terkenal di desa itu. Mereka mengatakan bahwa rumah besar yang ditempati Dini itu adalah milik pewaris yang bernama Rahayu.

Dari situ, konflik terjadi dan Maya harus mencari tahu misteri kelam keluarganya di masa lampau. Selain dibintangi Tara Basro dan Marissa Anita, film ini juga diisi oleh aktor kenamaan lain seperti Ario Bayu, Christine Hakim, hingga Asmara Abigail.