Nasional

Tegas, Presiden Jokowi Tak Akan Hapus Listrik 450 VA

  • Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa tidak ada penghapusan atau pengalihan golongan pelanggan pada listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA).
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa tidak ada penghapusan atau pengalihan golongan pelanggan pada listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA).

Jokowi berharap masyarakat tidak perlu khawatir karena hingga saat ini daya 450 VA masih dapat digunakan dan tidak ada pengalihan dalam bentuk apapun.

"Tidak ada, tidak ada penghapusan untuk yang 450 VA, tidak ada juga perubahan dari 450 VA ke 900 VA, tidak ada,” tegasnya kepada wartawan di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi pada Selasa 20 September 2022.

Hingga saat ini pihak pemerintah belum memiliki rencana membuat perubahan daya kepada listrik. Termasuk subsidi yang diberikan kepada pengguna daya listrik 450 VA akan tetap diberikan kepada yang berhak.

Saat ini PT PLN (Persero) hanya melakukan penyesuaian tarif tenaga listrik kepada pelanggan rumah tangga mampu nonsubsidi golongan 3.500 VA ke atas.

Sebelumnya dikabarkan Pemerintah bersama Badan Anggran (Banggar) DPR RI sepakat menghapus daya listrik 450 volt ampere (VA).

Ketua Banggar Said Abdullah mengatakan, sebagai gantinya masyarakat miskin yang akan dinaikkan dayanya menjadi 900 VA.

Alasan penghapusan daya 450 VA, diharapkan mampu mengurangi oversupply seiring dengan naiknya permintaan listrik.