<p>Gerai ritel Hypermart milik PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dari Grup Lippo / Lippomallkemang.com</p>
Korporasi

Teka-Teki Investor Baru MPPA Milik Lippo: Siapa PT Pradipa Darpa Bangsa?

  • Rumor tentang pembelian saham PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) oleh PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek menemui babak baru. Nama pembeli 4,76% saham MPPA yang dijual PT Multipolar Tbk (MLPL) mulai terungkap.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Rumor tentang pembelian saham PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) oleh PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek menemui babak baru. Nama pembeli 4,76% saham MPPA yang dijual PT Multipolar Tbk (MLPL) mulai terungkap.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, perusahaan pengelola dana asal Singapura Watiga Trust Ltd memborong 7,14% saham MPPA dari 11,9% saham yang dilepas oleh MLPL pada 13 April 2021. Sehingga masih terdapat sisa 4,76% saham MPPA yang belum diserap.

Sekretaris Perusahaan Matahari Putra Prima, Danny Kojongian mengaku belum mendapatkan informasi terkait penjualan sisa saham tersebut. Namun, kata dia, saat ini terdapat pemegang saham baru bernama PT Pradipa Darpa Bangsa yang mengempit 4,76% saham MPPA.

“Berdasarkan laporan pemegang saham yang telah kami pelajari, ada pemegang saham baru sebesar 4,76 persen yang dimiliki oleh PT Pradipa Darpa Bangsa,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin 26 April 2021.

Ketika ditelusuri, pemegang saham baru MPPA ini beralamat di Pasaraya Blok M, Gedung B, Jalan Iskandarsyah II Nomor 2. Menariknya, alamat ini sama dengan alamat kantor pusat Gojek Indonesia.

Temuan lain yang terungkap adalah Watiga Trust diduga menjual sebagian atau bahkan seluruh kepemilikan sahamnya di MPPA. Sempat menggenggam 7,14% saham MPPA pada 13 April 2021, saat ini Watiga Trust tak lagi tercatat di dalam daftar pemegang saham di atas 5% perseroan.

Adapun rincian pemegang saham pascapenjualan saham MPPA oleh MLPL per 13 April 2021 adalah Multipolar memiliki 38,33% saham MPPA disusul oleh entitas anak Temasek Holdings, Anderson Investments Pte Ltd sebanyak 18,63%.

Kemudian, Connery Asia Ltd mendapatkan porsi senilai 14,26% saham MPPA dan diikuti Watiga Trust Ltd sebesar 7,14%. Sisanya sebanyak 21,64% saham MPPA tersebar di publik dengan masing-masing kepemilikan saham di bawah 5%.

Namun, Danny menyatakan bahwa dalam daftar pemegang saham terakhir yang diperoleh oleh perseroan, terdapat perubahan komposisi pemegang saham lanjutan.

Ia bilang, Watiga Trust tidak terdapat dalam daftar pemegang saham di atas 5% perseroan. Sedangkan, jumlah pemegang saham publik lainnya naik menjadi 28,78% dari 21,64% pada 13 April 2021. (SKO)

Borong Saham Matahari Milik Lippo, Inilah Sosok di Balik Watiga Trust

Luar Biasa! Saham MPPA Milik Lippo Meroket 602,13 Persen Sejak Temasek Masuk

Rumor Gojek Beli Hypermart Milik Lippo, Saham MPPA dan LPPF Melejit

Grup Lippo Lepas 7,14 Persen Saham Matahari Putra Prima (MPPA) ke Investor Singapura