belgorod.jpg
Dunia

Tekanan ke Rusia Terus Meningkat, Giliran Belgorod Umumkan Keadaan Darurat

  • Penembakan harian oleh angkatan bersenjata Ukraina dikatakan telah menghancurkan rumah-rumah, serta menewaskan dan melukai warga sipil.

Dunia

Amirudin Zuhri

MOSKOW-Tekanan Ukraina pada Rusia tidak hanya terjadi di Kursk. Kini giliran Oblast Belgorod Rusia juga mengumumkan keadaan darurat regional.

Seperti halnya Kursk, Belgorod adalah daerah Rusia yang berada di perbatasan utara Ukraina. “Situasi di wilayah Belgorod masih sangat sulit dan menegangkan,” kata Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov dalam sebuah video yang diunggah di aplikasi perpesanan Telegram.

Penembakan harian oleh angkatan bersenjata Ukraina dikatakan telah menghancurkan rumah-rumah, serta menewaskan dan melukai warga sipil. 

“Oleh karena itu, mulai hari ini, kami mengambil keputusan untuk mengumumkan keadaan darurat regional di seluruh wilayah Belgorod dengan permohonan berikutnya kepada pemerintah untuk mengumumkan keadaan darurat federal.”

Pengumuman Gladkov muncul saat Rusia berjuang untuk memukul mundur pasukan Ukraina di wilayah tetangga Kursk. Serangan dimulai pada 6 Agustus 2024 dini hari.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan serangan itu tidak ditujukan untuk merebut wilayah Rusia. Tetapi sebagai cara untuk memaksa Rusia berdamai. Zelenskyy mengatakan Rusia membawa perang ke pihak lain. Dan sekarang perang itu kembali ke rumah Kyiv mengatakan telah menguasai  74 permukiman di Kursk.

Rusia yang telah mengerahkan bala bantuan ke wilayah tersebut mengatakan, pihaknya telah menghentikan kemajuan Ukraina. Dan  serangan telah berhasil dipukul mundur di desa-desa sekitar 26 hingga 28 km dari perbatasan. Lebih dari 100.000 penduduk Kursk telah dievakuasi karena serangan Ukraina.

Belgorod adalah wilayah di Rusia bagian barat, dekat perbatasan Rusia-Ukraina. Kota ini bertetangga dengan Kursk. Rusia telah mengevakuasi penduduk dari Belgorod menyusul aksi musuh di dekat perbatasan. Puluhan ribu orang kini telah meninggalkan rumah mereka di Belgorod dan Kursk sejak serangan mendadak tersebut. Saat ini tidak ada laporan terkonfirmasi yang menunjukkan pasukan Ukraina telah berada di wilayah Belgorod. 

Serangan Drone

Gladkov mengatakan Belgorod juga diserang pesawat nirawak Ukraina. Dan  meskipun tidak ada korban jiwa, ada beberapa kerusakan pada bangunan. 

Kementerian Pertahanan Rusia juga mengakui adanya serangan drone di sejumlah wilayah. Dalam satu malam pertahanan udara Rusia disebut menghancurkan 117 pesawat tak berawak Ukraina. Serangan terjadi termasuk di Kursk, Voronezh, Belgorod dan Nizhny Novgorod.

Awal minggu ini, pemerintah mengumumkan akan mengevakuasi warga yang tinggal di distrik perbatasan Krasnoyaruzhsky.

Rusia melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022 dan saat ini menduduki sekitar seperlima wilayah Ukraina yang diakui internasional.

PBB pada Februari 2024 lalu mencatat lebih dari 10.000 warga Ukraina meninggal akibat perang tersebut.. Sekolah, rumah sakit, dan infrastruktur penting lainnya juga telah hancur.

Bulan lalu, kepala hak asasi manusia PBB Volker Turk mendesak Rusia untuk mengakhiri serangan terkoordinasi dan berskala besar terhadap infrastruktur energi penting Ukraina. Seruan ini dikeluarkan setelah gelombang serangan selama dua bulan sebelumnya.