PSG Lepas Neymar Junior ke Al Hilal
Olahraga

Teken Kontrak 2 Tahun, Total Gaji Neymar di Al Hilal Capai Rp5,3 triliun

  • Neymar bakal mendapatkan gaji sebesar 276 juta pounds atau setara Rp5,3 triliun selama dua tahun kontraknya di Al Hilal.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Raksasa Liga Prancis Paris Saint-Germain (PSG) sepakat melepas Neymar Junior ke klub Liga Arab Saudi Al Hilal dengan mahar transfer 69 juta poundsterling atau setara Rp1,3 triliun. (asumsi kurs, Rp19.436,95 per satu pounds)

Selain itu, PSG juga berhak mendapatkan tambahan bonus jika seluruh klausul Neymar terpenuhi, yakni sebanyak 17 juta pounds/Rp330 miliar. Itu artinya klub berjuluk Les Parisiens berpotensi mendapatkan uang dari Al Hilal mencapai Rp1,63 triliun.

Melansir media Prancis L'Equipe, Selasa 15 Agustus 2023, Neymar tengah merampungkan tes medis pada Senin (14/08) waktu setempat. Pemain berusia 31 tahun itu bakal mendapatkan gaji sebesar 276 juta pounds atau setara Rp5,3 triliun selama dua tahun kontraknya di klub asal Arab Saudi tersebut.

Dengan begitu, Neymar akan menjadi bintang sepak bola Eropa ke-5 yang bergabung dengan Al Hilal pada bursa transfer musim panas 2023. Sebelumnya, klub berjuluk The Boss itu telah mendatangkan nama-nama tenar antara lain Ruben Neves, Malcom, Sergej Milinkovic-Savic dan Kalidou Koulibaly. 

Perbandingan Gaji Neymar

Namun, gaji per tahun Neymar di Al Hilal masih di bawah dibandingkan yang diperoleh mantan pemain Real Madrid yakni Cristiano Ronaldo di Al Nassr dan Karim Benzema di Al Ittihad.

Diketahui Ronaldo yang dikontrak Al Nassr hingga 2025 memperoleh gaji sebesar Rp3,4 triliun per tahun. Sementara, Benzema yang meneken kontrak 3 tahun Al Ittihad menerima upah sebanyak Rp3,2 triliun per tahun.  

Sedangkan Neymar, Al Hilal dilaporkan memberikan gaji ke mantan pemain Barcelona itu sebesar Rp2,65 triliun per tahun. Tapi, nominal itu meningkat signifikan dibandingkan yang diterima di PSG sesuai perubhan kontrak 2021 lalu, yakni sebesar Rp613 miliar per tahun. 

Disamping itu, gaji yang bakal diterima Neymar kemungkinan dapat bertambah jika menyetujui opsi perpanjangan kontrak 12 bulan. Itu artinya selama 3 tahun di Al Hilal mantan pemain Santos berpotensi menerima uang hingga Rp7,8 triliun.

Alasan Hijrah

Menurut The Sun, mantan pemain Barcelona itu disinyalir telah menyampaikan rencana untuk meninggalkan klub ke manajemen PSG pada akhir pekan lalu. Namun, alasan dirinya hengkang masih belum diketahui pasti.

Bahkan, Neymar disebut meminta klub dan sang agen untuk mencarikannya klub baru. Hal itu memicu minat dari tim-tim besar Eropa lainnya seperti Barcelona dan Chelsea.

Mendengar kesempatan ini, Al Hilal yang gagal mendapatkan pemain Napoli Victor Oshimen, langsung memanfaatkan dengan mengadakan pembicaraan lebih lanjut kepada Neymar.

Sebagai tambahan, Neymar telah absen lama membela PSG sejak terakhir kali pada Maret 2023 lalu. Penyerang timnas Brazil diketahui menjalani operasi ligamen pergelangan kaki yang cukup parah. 

Kendati begitu, Neymar masih menjadi pemain dengan biaya transfer termahal di dunia pada 2017, ketika itu PSG menggelontorkan 198 juta pounds/Rp3,8 untuk menebusnya Barcelona.