Penandatanganan MoU AirAsia dan Avolon
Korporasi

Teken MoU, AirAsia Sewa 100 Unit Pesawat VX4 eVTOL dari Avolon

  • Perusahaan penerbangan AirAsia Aviation Group Limited (AirAsia) telah menandatangani nota kerja sama (Memorandum of Understanding) atau MoU dengan Avolon, guna penyewaan 100 unite pesawat VX4 eVTOL dari Avolon.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Perusahaan penerbangan AirAsia Aviation Group Limited (AirAsia) telah menandatangani nota kerja sama (Memorandum of Understanding) atau MoU dengan Avolon, guna penyewaan 100 unite pesawat VX4 eVTOL dari Avolon.

Pesawat eVTOL ini, mengizinkan Airasia untuk merevolusi perjalanan udara dengan layanan mobilitas udara yang lebih baik guna segmentasi penumpang yang berbeda, sekaligus mengubah cara masayarakat dalam bertransportasi agar lebih efektif.

"Saya sangat senang dengan kerja sama anatara AirAsia dengan Avolon, dengan potensi pasar di perjalanan jarak dekat yang bebas emisi di Asia Tenggara" ujar CEO Capital AirAsia Tony Fernandes dalam pres coference Rabu, 16 Februari 2022.

Selain itu, Airasia turut mengembangkan platfrom mobilitas udara perkotaan (UAM) terkemuka di Asia Tenggara.

Tony menambahkan, inovasi merupakan DNA mereka ,sehingga fokus utama di AirAsia adalah pemanfaatan teknologi, dimana  AirAsia telah menjadi salah satu maskapai penerbangan terkemuka yang menciptakan 20 produk serta layanan di super app yang terafiliasi satu sama lain antara penerbangan, hotel, makanan, pengiriman, ritel dan lain sebagainya.

Selain itu, Airasaia merasa senang karena menjadi maskapai pertama di Asia Tenggara yang menggunakan pesawat VX4 yang diyakini akan menjadai pesawat eVTOL pilihan. Serta merasa terhormat dengan kolaborasi jangka pajang dengan Avolon, sebagai perusahaan yang telah diakui dan terbukti berpengalaman.

CEO AVOLON Dómhnal Slattery mengungkapkan,  kedua perseroan bertujuan untuk merevolusikan layanan penerbangan udara bebas emisi.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan AirAsia, yang berbagi visi dengan kami untuk mengembangkan revolusi perjalanan udara di masa depan, dengan harapan bersama-sama kita dapat mengembangkan platfrom berbagai perjalanan yang menawarkan pesawat XV4 tanpa emisi," ujar Dómhnal.

Sebelumnya, Avolon telah memesan 500 unit pesawat VX4 eVTOL yang dibuat oleh Vertical Aerospace dengan nilai US$ 2 Miliar, yang mana pesanan VX4 eVTOL terserbut telah disewa oleh Gol and Grupo Comporte Brzil 250 unit, Japan Airlines 100 unit dan AirAsia 100 unit.