Teleskop James Webb Rilis Foto Alam Semesta, Berhasil Deteksi Air di Planet yang Jauh
Tekno

Teleskop James Webb Rilis Foto Alam Semesta, Berhasil Deteksi Air di Planet yang Jauh

  • NASA telah mengungkapkan bahwa teleskop luar angkasa, James Webb baru saja merilis foto alam semesta. Selain itu, NASA juga menyebutkan bahwa teleskop luar angkasa, James Webb ini telah mendeteksi tanda-tanda air di sebuah planet yang jaraknya lebih dari seribu tahun cahaya.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - NASA telah mengungkapkan bahwa teleskop luar angkasa, James Webb baru saja merilis foto alam semesta. Selain itu, NASA juga menyebutkan bahwa teleskop luar angkasa, James Webb ini telah mendeteksi tanda-tanda air di sebuah planet yang jaraknya lebih dari seribu tahun cahaya.

Seperti yang dilansir dari laman The Independent, Badan Antariksa AS mengatakan bahwa teleskop ruang angkasa tersebut menangkap tanda air atau awan di sebuah planet gas raksasa WASP 96-b yang mengorbit bintang 1.150 tahun cahaya.

NASA mendeteksi bukti adanya awan di planet WASP 96-b/ Twitter.com/NASA

"Untuk pertama kalinya, kami mendeteksi bukti adanya awan di atmosfer planet ekstrasurya ini," cuit NASA seperti yang dikutip dari laman The Independent pada 13 Juli 2022.

Pengungkapan itu datang bersamaan dengan NASA, Badan Antariksa Eropa, dan Badan Antariksa Kanada berbagi set gambar penuh warna pertama yang diambil melalui teleskop dan menangkap gambar alam semesta.

Gambar resolusi ultra tinggi juga menunjukkan siklus hidup bintang dan galaksi yang berinteraksi.

Penemuan terbaru ini menawarkan harapan bahwa teleskop luar angkasa paling kuat yang pernah dibuat dapat membantu dalam perburuan kehidupan alien, atau bahkan mengungkap planet-planet yang berpotensi layak huni bagi manusia masa depan untuk ditinggali.