<p>Gedung Merah Putih milik PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. / Telkomsat.co.id</p>
Korporasi

Telkom Berikan Pinjaman Rp132 Miliar ke Telkomsat Untuk Invetasi Satelit HTS

  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) telah memberikan shareholder loan ke anak usahanya, PT Telkom Saltelit Indonesia (Telkomsat)
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) telah memberikan shareholder loan atau pinjaman tanpa bunga utang pemegang saham kepada anak usaha perseroan PT Telkom Saltelit Indonesia (Telkomsat) sebesar Rp132 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), pemberian shareholder loan TLKM pada Telkomsat bertujuan untuk investasi yang akan dilakukan anak usaha perseroan pada satelit High Throughput Satellite (HTS).

"Pemberian shareholder loan kepada Telkomsat adalah rencana investasi Satelit HTS. Dana ini akan dipergunakan Telkomsat untuk membiayai sebagian dari keseluruhan kebutuhan pendanaan untuk investasi satelit tersebut," tulis manajemen TLKM dalam keterangan resmi yang dikutip pada Jumat, 21 Januari 2022.

Adapun shareholder loan yang diberikan oleh perseroan ini memiliki tenor selama 7 tahun dengan grace period 3 tahun, serta bungan sebesar JIBOR 3 bulan ditambah 2,5%.

Perseroan juga menambahkan, adanya pendanaan satelit ini akan dipenuhi melalui pinjaman eksternal. Sehingga dengan adanya shareholder loan ini, perseroan berharap Telkomsat dapat memberikan value terhadap perseroan pada tahun 2022. 

Kenaikan value ini didapat melalui sinergi operasi pemenuhan kebutuhan bandwith dari satelit esksisting, kontribusi Telkomsat terhadap konsoliodasi, serta dividen dari hasil eksisting.

Di sisi lain, proses pengadaan satelit HTS mulai dari tahap pembangunan hingga menduduki posisinya, diperkirakan membutuhkan waktu melebihi dua tahun.