<p>Komisaris Independen Abdee &#8220;Slank&#8221; /Dok Instagram.com/Abdeenegara</p>
BUMN

Telkom Buka Suara Soal Pengunduran Diri Abdee Slank Sebagai Komisaris

  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) mengonfirmasi telah menerima surat pengunduran diri Andi Negara Nurdin alias Abdee Slank selaku komisaris independen pada 19 Januari 2024
BUMN
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) mengonfirmasi telah menerima surat pengunduran diri Andi Negara Nurdin alias Abdee Slank selaku komisaris independen pada 19 Januari 2024.

Dalam surat pengunduran diri tersebut, disampaikan alasan pengunduran diri adalah sehubungan dengan rencana yang bersangkutan untuk mendukung salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden pada pemilihan umum 2024.

“(Pengunduran diri Abdee Slank) tidak memiliki dampak material terhadap kelangsungan usaha perseroan,” tulis POH VP Investor Realations Telkom, Dewi Simatupan dalam keterbukaan informasi, dikutip Selasa 23 Januari 2024. 

Dengan pengunduran diri Abdee Slank, maka jumlah anggota dewan komisaris TLKM berkurang menjadi 9 orang dengan komposisi 3 orang Komisaris Independen dan 6 orang bukan merupakan Komisaris Independen. 

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Abdee Slank, Arya Sinulingga, hingga Bambang Brodjo jadi Komisaris BUMN Telkom

Meski berkurang, Telkom masih memenuhi batas minimum komisaris independen sebagaimana diatur dalam ketentuan pasar modal karena masih melebihi 30% dari total anggota dewan komisaris.

Sebelum secara resmi diumumkan oleh Telkom pada Senin 22 Januari 2024, Abdee yang merupakan gitaris band Slank telah lebih dulu menyatakan mundur dari kursi komisaris independen. Alasannya adalah karena ia bergabung dengan tim pemenangan pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Sebagai informasi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran komisaris dan direksi TLKM. Keputusan itu diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar perseroan pada Jumat, 28 Mei 2021.

Menurut Erick, Penunjukan Abdee tidak lepas dari emiten berkode TLKM itu mengembangkan platform bagi pelaku ekonomi digital dalam negeri. Kapabilitas Abdee, kata Erick, sangat cocok untuk mengembangkan konten-konten lokal di seluruh platform yang dimiliki perseroan.