Gedung Telkom di kawasan Jl Gatot Subroto Jakarta. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
BUMN

Telkom Kembali Masuk Jajaran Forbes World's Best Employer

  • Telkom berhasil mempertahankan posisinya selama 3 tahun berturut-turut di daftar Forbes World’s Best Employer.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih predikat Forbes 2023 World’s Best Employer. Capaian tersebut sekaligus menjadi yang ketiga kalinya secara berturut-turut yang diperoleh salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut. Capaian tersebut menunjukkan Telkom menjadi salah satu perusahaan yang memiliki tempat kerja terbaik di dunia.

“Telkom berhasil mempertahankan posisinya selama 3 tahun berturut-turut dan menjadi prestasi tersendiri bagi perusahaan, di mana tahun ini sebanyak 265 perusahaan keluar dari daftar Forbes World’s Best Employer,” tulis Telkom dalam keterangan resmi pada 17 Oktober 2023.

Telkom berhasil menempati peringkat #421 dunia dan peringkat #8 dunia dalam kategori industri telecommunication & services, mengungguli perusahaan telekomunikasi terkemuka seperti KT Korea, Vodafone UK, Nokia Finland, Kapsch Austria, Singtel Singapore, dan NTT Jepang.

Untuk menilai peringkat tersebut, Forbes bekerja sama dengan Statista, lembaga riset pasar global, untuk melakukan survei terhadap 170.000 karyawan full-time dan paruh waktu yang bekerja di perusahaan multinasional dari 55 negara di seluruh dunia. 

Para responden mengevaluasi perusahaan berdasarkan berbagai aspek seperti dampak dan citra perusahaan (reputasi perusahaan), jejak ekonomi, kebanggaan terhadap produk dan layanan perusahaan, pengembangan karyawan, manfaat bagi karyawan (keseimbangan kehidupan kerja, kerja jarak jauh, manfaat kesehatan, gaji, dan lingkungan kerja), kesetaraan gender, dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Forbes Global. 

“Hal ini menjadi pembuktian sekaligus motivasi bagi kami untuk terus bertransformasi dengan berlandaskan core values AKHLAK, termasuk di sisi sumber daya manusia agar dapat menjadi perusahaan digital telco dengan talenta digital berdaya saing global,” ujar Ririek.