<p>Gedung Merah Putih milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) / Dok. Kementerian BUMN</p>
Industri

Telkom Perkuat Bisnis Data Center, dengan Akuisisi Sigma Tata Sadaya (STS)

  • JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) memberikan penjelasan terkait pengambilalihan saham PT Sigma Tata Sadaya (STS) oleh perseroan kepada Bursa Efek Indonesia.
Industri
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) memberikan penjelasan terkait pengambilalihan saham PT Sigma Tata Sadaya (STS) oleh perseroan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan adanya pengambilalihan saham, Telkom berencana melakukan konsolidasi aset data center untuk memaksimalkan value bisnis data center.

Investor Relation Telkom (TLKM) Andi Setiawan mengatakan latar belakang pihaknya melakukan pengambilalihan STS menjadi entitas anak, dengan kepemilikan langsung mengingat sebelumnya STS merupakan entitas anak perseroan secara tidak langsung, melalui PT Multimedia Nusantara dan PT Sigma Cipta Caraka.

"Telkom berencana melakukan konsolidasi aset data center ke dalam satu entitas untuk memaksimalkan value bisnis data center. Telkom juga melakukan kajian dan memandang bahwa anak perusahaan yang tepat untuk dijadikan entitas data center company adalah STS," ucap Andi Setiawan, dikutip dari IDX.co.id, Jumat, 21 Januari 2022.

Pemegang saham STS saat ini adalah Andreuw TH.AF, data keuangan STS berdasarkan aset sebesar Rp2.106 miliar dengan liabilitas sebesar Rp320 ribu, dan ekuitas sebesar Rp2,106 miliar.

Saat ini STS belum mencatatkan pendapatan laba bersih mengingat STS belum memasuki tahap komersialisasi.