Telkomsat Luncurkan VSAT Star Perkuat Konektivitas Digital di Papua Pegunungan
BUMN

Telkomsat Hadirkan Internet Cepat di Daerah Terisolasi Timur Indonesia

  • Saat ini, sekitar 100 penyedia layanan internet lokal (ISP) telah menggunakan MangoStar, dan setengah dari mereka beroperasi di wilayah timur Indonesia. Telkomsat memiliki rencana ambisius untuk menyediakan layanan ini di setidaknya 1.000 lokasi yang dikelola oleh UMKM dan ISP lokal di wilayah timur Indonesia.
BUMN
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Telkomsat, anak perusahaan PT Telkom Indonesia, telah memperkenalkan solusi  akses internet cepat ke daerah-daerah yang sebelumnya sulit terjangkau oleh konektivitas digital. Khususnya di wilayah timur Indonesia yang jauh dari jaringan kabel, serat optik, atau nirkabel yang umumnya digunakan di kota-kota besar.

MangoStar, salah satu layanan andalan dari Telkomsat, memberikan akses internet dengan kualitas tinggi yang disebut sebagai "konektivitas kelas perusahaan" dan menawarkan solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Layanan MangoStar ini memberikan akses internet dengan kecepatan unduh hingga 180 Mbps dan unggah hingga 20 Mbps. Hal ini diarahkan untuk mendukung UMKM, perusahaan, layanan kesehatan, dan pemerintah, terutama di daerah-daerah terpencil, terdepan, dan terluar (3T) di wilayah timur Indonesia.

Saat ini, sekitar 100 penyedia layanan internet lokal (ISP) telah menggunakan MangoStar, dan setengah dari mereka beroperasi di wilayah timur Indonesia. Telkomsat memiliki rencana ambisius untuk menyediakan layanan ini di setidaknya 1.000 lokasi yang dikelola oleh UMKM dan ISP lokal di wilayah timur Indonesia. Dengan demikian, para UMKM dan ISP lokal dapat melayani puluhan hingga ratusan pelanggan mereka dengan akses internet cepat dan andal.

“Telkomsat terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, Telkomsat terbuka dalam menjalin kerja sama dan menyediakan solusi layanan komunikasi berbasis satelit dengan ISP-ISP lain,” Direktur Utama Telkomsat , Lukman Hakim, dilansir bumn.go.id, Jumat, 3 November 2023.

Selain itu Telkomsat juga menghadirkan layanan MangoStar Maritim yang telah diluncurkan awal September 2023. Layanan ini ditujukan khusus bagi pelanggan di sektor maritim dan dilengkapi dengan fasilitas Network Monitoring System (NMS) yang beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Kecepatan unduh mencapai 180 Mbps dan unggah hingga 20 Mbps, sehingga mampu memenuhi kebutuhan konektivitas di lingkungan maritim.

Inisiatif Telkomsat ini memiliki potensi besar untuk menghubungkan masyarakat di daerah-daerah terisolasi dengan dunia digital, meningkatkan potensi bisnis mereka, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.