Ilustrasi platform 99% Usahaku Telkomsel. dok. Telkomsel
Industri

Telkomsel Ajak Start Up dan Penyedia Solusi Digital Menjadi Mitra 99% Usahaku untuk Digitalisasi UMKM

  • Melalui fitur MyBusiness Store yang tersedia di 99% Usahaku, Telkomsel mengajak para calon mitra untuk bekerja sama dalam penyediaan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan UMKM untuk mengembangkan bisnis secara digital.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) mengajak perusahaan rintisan (start up) dan penyedia solusi digital (solution provider) untuk menjadi mitra platform 99% Usahaku dalam rangka mengupayakan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Melalui fitur MyBusiness Store yang tersedia di 99% Usahaku, Telkomsel mengajak para calon mitra untuk bekerja sama dalam penyediaan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan UMKM untuk mengembangkan bisnis secara digital.

Bergabungnya para mitra di platform 99% Usahaku diharapkan dapat membuat perusahaan start up dan solution provider bisa turut bersinergi dalam mendukung pertumbuhan bisnis digital UMKM dengan memanfaatkan ekosistem aset dan kapabilitas Telkomsel. Bagi para calon mitra yang berminat untuk turut andil, bisa mengakses tautan tsel.me/yuk-jualan-solusi.

Vice Preseident Area Account Management Telkomsel Samuel Pasaribu mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) saat ini mencatat ada lebih dari 19 juta pelaku UMKM yang telah terhubung dengan ekosistem digital. 

Agar bisa terus berkembang, mereka membutuhkan ragam solusi yang sesuai dengan preferensi bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, Telkomsel pun menghadirkan ruang yang dapat memudahkan para pelaku UMKM untuk menemukan setiap solusi dalam satu platform.

"Demi merealisasikan hal itu, kami mengajak para start up dan solution provider untuk menjadi mitra 99% Usahaku agar setiap solusi yang bersama-sama kita hadirkan melalui fitur MyBusiness Store dapat membuka peluang bertumbuh bagi pelaku UMKM," papar Samuel dikutip dari keterangan resmi, Selasa, 12 Juli 2022.

Ada beberapa solusi digital yang diusung lewat fitur MyBusiness Store untuk meningkatkan efisiensi maupun produktivitas bisnis, di antaranya MyAds (iklan), paket internet korporasi, paket 99% Usahaku, dan pembukuan digital.

Beberapa contoh kategori solusi digital yang menjadi peluang bagi calon mitra di antaranya berhubungan dengan point of sales atau kasir digital, desain, katalog, pemasaran digital, penghitungan serta pelaporan pajak, dan sebagainya.

Dikatakan oleh Samuel, demi memastikan kesesuaian solusi yang dihadirkan mitra dengan kebutuhan UMKM, Telkomsel akan memilih start up dan penyedia solusi digital secara selektif.

Setelah mendaftar lewat tautan yang dituliskan di atas, para calon mitra akan melalui tahapan presentasi produk dan layanan, diskusi komersial, kesepakatan, hingga diskusi integrasi teknis.

"Melalui kolaborasi dan sinergi dengan para pelaku ekosistem, semoga kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) dapat terus meningkat dan dapat menjadi penopang ekonomi dan eksosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan," ujar Samuel.