Mahasiswa ITB yang sedang memperagakan hasil Pengembangan IoT untuk berbagai aplikasi bagi Smart Home hingga Solusi Industri dan Inovasi B2B seperti Drone Application pada Laboratorium Riset 5G Hive.
Tekno

Telkomsel dan ITB Kembangkan Inovasi Pemanfaatan Teknologi 5G

  • Kolaborasi riset antara Telkomsel dan ITB dalam inisiatif 5G Hive memiliki potensi dan dampak strategis yang mencakup beberapa area krusial dan inovatif.
Tekno
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Telkomsel berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mengembangkan inovasi pemanfaatan teknologi 5G di Indonesia melalui pusat riset teknologi 5G Hive. 

Kolaborasi riset antara Telkomsel dan ITB dalam inisiatif 5G Hive memiliki potensi dan dampak strategis yang mencakup beberapa area krusial dan inovatif. Hal tersebut termasuk Optimasi Jaringan 5G, yang meningkatkan kinerja jaringan untuk efisiensi dan kecepatan akses internet, dengan tujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. 

Selanjutnya, inisiatif B2B melibatkan pengembangan aplikasi drone untuk keperluan industri (Drone Application) dan riset Smart Video Analytic untuk analisis video canggih dalam konteks keamanan dan manajemen data, meningkatkan kapasitas Telkomsel dalam menyediakan solusi berbasis AI untuk bisnis.

Selain itu, kolaborasi tersebut juga mengeksplorasi Potensi Pengembangan IoT untuk berbagai aplikasi, mulai dari smart home hingga solusi industri yang mengintegrasikan teknologi cerdas. Aspek ESG menjadi fokus penelitian untuk memperkuat komitmen Telkomsel dalam praktik bisnis berkelanjutan dan tanggung jawab sosial. Selanjutnya, riset dalam teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) diharapkan membuka peluang baru, meningkatkan kenyamanan pengalaman digital masyarakat, dan secara global meningkatkan nilai inovasi Telkomsel.

Kolaborasi Telkomsel dan ITB merupakan bentuk komitmen kedua institusi dalam memanfaatkan teknologi terkini untuk memperkuat ekosistem pendidikan dan ekonomi digital serta menjadi simbol kemajuan teknologi di Indonesia.

Kerja sama strategis antara Telkomsel dan ITB menunjukkan peran utama Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia dalam membentuk ekosistem digital inklusif dengan teknologi 5G. 

Kolaborasi ini memadukan inovasi, strategi, dan teknologi untuk riset bersama yang berfokus pada pengembangan ekosistem 5G dengan usecase lanjutan, termasuk Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan Smart City. 

Selain itu, kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang mendukung pengembangan keterampilan tenaga kerja, menjawab tantangan masa depan, dan memimpin pertumbuhan pemanfaatan teknologi 5G yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi Telkomsel bersama ITB merupakan komitmen bersama untuk memimpin transformasi digital di Indonesia melalui pengembangan infrastruktur dan solusi 5G sekaligus menegaskan kepemimpinan Telkomsel sebagai inovator teknologi telekomunikasi di Indonesia,” ujar Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono dalam keterangan resmi Selasa, 12 Desember 2023.

Menciptakan Terobosan

Saki menyebutkan inisiatif kolaborasi ini juga selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk bersama-sama menciptakan terobosan sekaligus menjadi pionir inovasi 5G yang mendorong Indonesia memasuki era baru kemajuan teknologi di kancah global.

“Kami berharap kolaborasi yang merupakan bagian dari implementasi prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) ini dapat menjadikan 5G Hive sebagai pusat inovasi yang juga dapat mengembangkan dan mempersiapkan talenta digital yang siap bersaing di kancah global memanfaatkan penerapan teknologi terdepan,” ujar Saki.

Selain itu, kolaborasi tersebut diharapkan dapat menciptakan peluang industri baru dan kesempatan kerja yang memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB nasional. Tujuan lain dari kolaborasi ini adalah menarik perhatian dan investasi internasional serta menjadi penyebaran solusi berbasis 5G di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, dan transportasi, dengan dampak nyata pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Institut Teknologi Bandung, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D. mengungkapkan apresiasinya terhadap inisiatif Telkomsel dalam menghadirkan pusat riset teknologi 5G Hive yang berpotensi mengakselerasi transformasi lanskap digital Indonesia.

I Gede Wenten menyampaikan melalui kolaborasi ini, mereka bersama-sama menyatukan visi untuk merancang struktur masa depan digital Indonesia. Visi tersebut diwujudkan melalui pemanfaatan teknologi 5G sebagai gerbang menuju inovasi dengan mengoptimalkan aset dan kapabilitas infrastruktur teknologi yang dimiliki Telkomsel serta keunggulan akademik ITB. 

“melalui penggabungan sumber daya termasuk pusat penelitian, keahlian SDM yang dimiliki masing-masing institusi, untuk memaksimalkan potensi inovasi 5G yang dapat mendorong kemajuan teknologi bangs,” sebut I Gede Wenten.