<p>(Kiri-kanan) Direktur Utama PT Temas Tbk, Faty Khusumo, Komisaris Independen PT Temas Tbk, Theo Lekatompessy, Direktur PT Temas Tbk, Ganny Zheng, dan Direktur PT Temas Tbk, Inge Supatra usai menggelar RUPST Tahun Buku 2020, Jakarta, 11 Juni 2021</p>
Korporasi

Temas (TMAS) Kembali Jual Unit Kapal ke Perusahaan Afiliasi Senilai Rp25 Miliar

  • Emiten pelayaran angkutan barang, PT Temas Tbk (TMAS) mengumumkan penjualan aset berupa satu unit kapal KM Lagun Mas senilai Rp25 miliar kepada perusahaan afiliasinya, yakni PT Temas Bulker.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten pelayaran angkutan barang PT Temas Tbk (TMAS) mengumumkan penjualan aset berupa satu unit kapal KM Lagun Mas senilai Rp25 miliar kepada perusahaan afiliasinya, yakni PT Temas Bulker.

Sekretaris Perusahaan Temas Marthalia Vigita mengungkapkan transaksi tersebut berlangsung pada 10 Desember 2021. Ia mengaku, transaksi itu sesuai dengan harga pasar dan nilai apraisal dari penilai publik. 

Adapun latar belakang dilaksanakannya transaksi tersebut adalah dalam rangka pengembangan kegitan usaha anak usaha perseroan dan afiliasinya serta segmentasi bisnis TMAS dalam bidang pelayaran.

“Maka untuk volume atau muatan dan wilayah jasa pelayaran pada pelabuhan kecil dan menengah, akan dilayani oleh anak usaha dan entitasnya,” tuturnya melalui keterbukaan informasi, Senin, 13 Desember 2021.

Selain itu, kata dia, Temas Bulker juga memerlukan tambahan armada untuk mencukupi kebutuhan operasionalnya. Sedangkan, kapal Lagun Mas dinilai telah sesuai dengan kebutuhan operasional Temas Bulker.

“Oleh karena itu kapal tersebut dijual oleh Temas kepada Temas Bulker sesuai dengan hasil pelaporan penilaian oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP),” tambahnya.

Sebelumnya, Temas telah melakukan pengalihan delapan unit kapal laut dengan total nilai Rp686,4 miliar kepada entitas anaknya, yakni PT Temas Shipping. Transaksi ini berlangsung pada 12 November 2021.

Adapun delapan unit kapal yang dialihkan antara lain KM Ayer Mas, KM Kawa Mas, KM Kedung Mas, KM Muara Mas, KM Curug Mas, KM Kisik Mas, KM Palung Mas dan KM Teluk Mas. Masing-masing unit kapal, nilainya ditaksir mencapai Rp85,8 miliar.

Temas Shipping sendiri merupakan anak usaha perseroan dengan kepemilikan saham sebanyak 99.85%. Transaksi ini juga dinilai tidak memberikan dampak serta tidak mengganggu kegiatan operasional perseroan.