<p>Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bersama Presiden Amerika Serikat Donald  Trump di White House Washington DC, Selasa, 17 November 2020/ Sumber: maritim.go.id</p>
Nasional & Dunia

Temui Donald Trump di Gedung Putih, Ini Isi Pembicaraan Luhut Pandjaitan

  • Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyambangi Gedung Putih untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Nasional & Dunia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

WASHINGTON DC – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyambangi Gedung Putih untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Amerika Serikat (AS), Donald  Trump.

Di akhir masa jabatan Trump, pemerintah Indonesia menyampaikan penghargaan atas  kerja sama RI dan AS selama ini. Termasuk secara khusus untuk pemberian fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) oleh United States Trade Representative (USTR) kepada Indonesia beberapa waktu lalu.

“Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga. Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti,” kata Luhut dikutip dari pernyataan resmi, Rabu, 18 November 2020.

Menyambut kedatangan Luhut, Trump tak luput turut menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo atas kerja sama selama ini. Menurut Trup, kerja sama kedua negara selama ini sangat positif dan terus meningkat.

Selain menemui Trump, Luhut juga diterima oleh Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di kantornya. Dalam diskusi bersama Pence, AS menawarkan kerjasama produksi vaksin bersama  antara perusahaan AS dan Indonesia.

Terpisah, Luhut bersama dengan National Security Advisor (NSA), Robert O’ Brien membahas kemitraan strategis antarnegara di bidang pertahanan dan teknologi.

Luhut juga mengakui keduanya juga bertukar pandangan mengenai geopolitik global.

Dengan rangkaian pertemuan bersama sejumlah petinggi di AS, Luhut berharap kerja sama yang baik dengan AS terus meningkat. Terutama pada masa administrasi pemerintahan AS yang akan datang. (SKO)