Terancam Diboikot, Berikut Perjalanan Panjang Brand Kecantikan Scarlett
Nasional

Terancam Diboikot, Berikut Perjalanan Panjang Brand Kecantikan Scarlett

  • Sejauh penelusuran TrenAsia.com warganet berbondong-bondong hendak memboikot produk-produk dari brand Scarlett karena menilai ownernya yang tak lain adalah mantan artis sinetron, Felicya Angelista pro terhadap Israel.
Nasional
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Brand body care dan skincare asal Indonesia, Scarlett hari ini muncul dalam tagar trending di platform X (dulu Twitter). 

Sejauh penelusuran TrenAsia.com warganet berbondong-bondong hendak memboikot produk-produk dari brand Scarlett karena menilai ownernya yang tak lain adalah mantan artis sinetron, Felicya Angelista pro terhadap Israel. 

Asumsi warganet atas keberpihakan Felicya itu bersumber dari video instagram yang baru-baru ini diunggah olehnya. Dalam video tersebut, Felicya menggunakan diksi ‘peperangan’ alih-alih genosida yang dinilai kurang tepat oleh warganet. 

Selain itu, tampak Felicya juga menampilkan video-video saat Israel diserang oleh Hamas.

Terlepas dari konflik yang tengah dialami oleh Scarlett, berikut ini TrenAsia.com merangkum perjalanan panjang bisnisnya dari berbagai sumber. 

1. Awal Hadir Sebagai Feli Skin 

Awalnya Felicya hanya merilis produk masker wajah dalam bentuk paket bermerk Feli Skin. Banyaknya peminat produk Feli Skin menginspirasi Felicya untuk mengembangkan peluang bisnis dengan meluncurkan produk Scarlett Whitening. 

Dikutip dari akun LinkedIn perusahaan, Scarlett Indonesia pertama kali didirikan pada 2017 sebagai perusahaan kecantikan lokal di Indonesia. 

2. Scarlett Whitening 

Scarlett Whitening awalnya menjual body care seperti sabun dan lotion dengan berbagai aroma. Namun seiring perjalanan  bisnisnya, Scarlett juga menghadirkan produk untuk perawatan kulit wajah hingga rambut.

Scarlett pun menjadi one stop solution untuk para pelanggan yang mencari produk perawatan tubuh secara menyeluruh. Untuk perawatan wajah, Scarlett Whitening memiliki produk face wash, moisturizer, serum, toner, dan masker.

Sedangkan untuk perawatan tubuh, Scarlett menawarkan produk berupa body lotion, shower scrub, hingga body scrub. Sementara untuk merawat kesehatan rambut, Scarlett menyediakan produk shampo dan conditioner.

Setiap produknya memiliki manfaat yang berbeda-beda sehingga calon pelanggannya bisa memilih sesuai kebutuhan. Misalnya varian brightening untuk mencerahkan dan acne khusus kulit berjerawat.

Rata-rata produk Scarlett dijual dengan bandrol harga Rp75 ribu.  Pada bulan Mei 2021, perusahaan berhasil membukukan nilai transaksi hingga 36 ribu atau setar Rp2,6 miliar. 

3. Tampil di Paris Fashion Week

Pada Maret 2022, Scarlett mendapatkan kesempatan untuk membuka pop-up booth di Paris Fashion Week selama 10 hari berturut-turut. 

Kesempatan tersebut didapatkan dari Kemenparekraf dan Gekraf untuk mewakili Official Beauty Brand dan mendukung desainer lokal untuk berlaga di Paris Fashion Week (PFW)

4. Gandeng Artis-Artis Korea 

Tahun 2021, Scarlett resmi menggandeng TWICE sebagai brand ambassador. Tak hanya itu, aktor terkenal Song Joong Ki juga turut diajak kerja sama oleh Scarlett. 

Terbaru akhir Agustus 2023 kemarin, EXO turut digandeng Scarlett sebagai New Glow Ambassador. 

Selain artis-artis Korea, Scarlett juga dikenal kerap mengendorse artis , selebgram, hingga influencer tanah air.