United Tractors
Korporasi

Terapkan Aspek Sosial dalam Semangat ESG, United Tractors (UNTR) Raih Penghargaan Tempat Kerja Terbaik di Asia

  • Penghargaan tersebut diperoleh UNTR dari HR Asia, lembaga media publikasi internasional untuk para profesional di bidang Human Resources yang mengukur aktivitas praktik sumber daya manusia (SDM) dengan menunjukkan tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi dan budaya tempat kerja yang baik.

Korporasi

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - Dalam penerapan aspek sosial dalam semangat environmental, social, and governance (ESG), PT United Tractors Tbk (UNTR) meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik di Asia.

Penghargaan tersebut diperoleh UNTR dari HR Asia, lembaga media publikasi internasional untuk para profesional di bidang Human Resources yang mengukur aktivitas praktik sumber daya manusia (SDM) dengan menunjukkan tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi dan budaya tempat kerja yang baik.

Adapun kategori penghargaan yang dianugerahkan kepada UNTR adalah Diversity, Equity, and Inclusion (DEI) dan the Best Companies to Work for in Asia.

Penghargaan DEI ini merujuk kepada pencapaian United Tractors dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan setara, sedangkan kategori pernghargaan the Best Companies to Work for in Asia menunjukkan implementasi yang positif terkait dengan kesejahteraan, kesehatan, dan keseimbangan karyawan.

Human Capital General Manager United Tractors Abun Jufar Jaya mengatakan bahwa pencapaian yang diraih dari HR Asia ini menjadi tanda akan komitmen perseroan dalam memperhatikan kesejahteraan karyawan.

"United Tractors mengucapkan terima kasih kepada HR Asia atas penghargaan yang telah diberikan kepada perusahaan kami. Penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk terus mengupayakan kenyamanan lingkungan kerja agar dapat mencapai produktifitas yang maksimal melalui berbagai program peningkatan kompetensi dan kapabilitas yang tersistem,” ujar Abun dikutip TrenAsia.com dari keterangan tertulis, Senin, 3 Juli 2023.

Penghargaan ini diberikan kepada lebih dari 300 perusahaan dari 13 negara yang berpartisipasi, dan negara-negara tersebut yaitu Tiongkok, Kamboja, Hong Kong, Indonesia, India, Korea, Makau, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Abun pun menyampaikan, dengan diperolehnya penghargaan ini, United Tractors pun akan senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan lingkungan kerja yang kondusif guna mendukung operasional bisnis dalam mencapai produktivitas serta target yang ingin dicapai perseroan.

UNTR pun mengedepankan target keberlanjutan yang telah tertuang dalam 10 Aspirasi Keberlanjutan United Tractors sehingga visi dan misi perseroan untuk menciptakan manfaat bagi para pemangku kepentingan dan kesejahteraan Indonesia bisa tercapai.

Pada tahun sebelumnya, United Tractors pun meraih penghargaan untuk kategori Industrial Goods dengan predikat Action pada ajang TrenAsia ESG Excellence 2022.

Salah satu aksi konkrit UNTR yang membuatnya mendapatkan penghargaan ini adalah perseroan sudah mulai menggunakan mini hydro dan solar PV dalam rangka menjawab isu terkait energi terbarukan atau renewable energy.

Mini hydro digunakan selain karena berukuran lebih kecil, daya output dari pembangkit listrik ini juga berskala kecil dan biasanya kurang dari 0,01 MW atau 10 kW.

Lebih lanjut, UNTR juga mengklaim bahwa mini hydro adalah salah satu pembangkit listrik dengan biaya paling efektif dan teknologi energi yang handal untuk menghasilkan pembangkit listrik yang bersih.

Lalu untuk solar photovoltaic (PV), UNTR sudah mengembangkannya pada awal 2021 di sejumlah perusahaan yang tergabung dalam Grup United Tractors dan Astra di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan kapasitas 2,4 MWP.