Bambang Sutantio, Chairman PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory Group) / Dok. Cimory
Nasional

Terapkan ESG, Berikut Langkah yang Dilakukan Cimory

  • PT Cisarua Mountain Dairy Tbk atau lebih akrab dikenal dengan Cimory memiliki visi misi yang sejalan dengan penerapan ESG terutama di ranah lingkungan.Cimory me
Nasional
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA- PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) atau lebih akrab dikenal dengan Cimory memiliki visi misi yang sejalan dengan penerapan ESG terutama di ranah lingkungan. Cimory merupakan produsen produk dan susu serta makanan konsumen premium memprioritaskan inklusi dan ESG dalam saluran distributornya.

Dalam praktiknya, perusahaan industri makanan dan minuman seringkali menghasilkan limbah yang dapat merusak lingkungan. Sektor ini juga menyumbang sekitar seperempat emisi yang dapat merusak gas rumah kaca global.

Cimory sendiri diketahui aktif memberikan donasi produk susu, mengurangi penggunaan air, gas, listrik dan donasi sosial serta terus berinovasi mendorong perubahan ke arah yang lebih baik.

Isu lingkungan sosial saat ini menjadi bahan pemberitaan yang tidak pernah usai karena masih banyak penduduk dunia yang kekurangan pasokan bahan makanan, air dan kehidupan sosial yang baik. Sadar akan hal tersebut, Cimory berkomitmen mengembangkan produk yang ramah lingkungan dan mampu memberikan penghidupan yang layak bagi mira dan karyawannya.  Cimory juga sadar bahwa keberhasilannya selama ini tidak boleh tercapai dengan mengorbankan masa depan bumi.

Bukti Nyata Cimory Terapkan ESG

Cimory mempunyai misi keberlanjutan dengan menerapkan inisiatif ESG secara intensif, mendorong pengembangan ekonomi lokal dan menjalankan perseroan melalui manajemen operasional yang ramah lingkungan. Berikut beberapa komitmen yang bukti nyata Cimory dalam penerapan ESG.

Pelestarian Lingkungan

Langkah nyata Cimory dalam pelestarian lingkungan adalah dengan mengurangi limbah plastik, penghematan air, energi dan menajemen jejak karbon. Dengan penurunan rasio penggunaan air sebesar 10%, Cimory berhasil mendaur ulang limbah air dan intensif mengumpulkan air hujan untuk utility water serta melaksanakan konsep 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) di semua produknya.

Selain itu, Cimory juga menurunkan 5% rasio penggunaan energi dan 10% rasio penggunaan plastik dengan pemasangan solar cell dan panel tenaga surya di pabrik. Perusahaan penggunaan kemasan yang lebih tipis dan ramah lingkungan.

Bisnis yang Inklusif dan Berkelanjutan

Fokus memberdayakan masyarakat dan mengembangkan ekonomi lokal, Cimory memiliki Miss Cimory yaitu sebutan bagi anggota jalur distribusi ekslusif Cimory. Tak hanya itu, Cimory juga memiliki gerakan 1000 Srikandi Peternak Indonesia.

Tujuan adanya Miss Cimory dan Gerakan 1000 Srikandi Peternak Indonesia yaitu memberdayakan kaum wanita yang berada di ekonomi kelas menengah bawah. Tak hanya memberdayakan wanita, Cimory juga 1000 peternak susu sebagai mitra baru per tahunnya. Dengan bekerja sama dengan masyarakat, ekonomi lokal bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

Integritas Produk

Sebagai bukti integritas produk, Cimory aktif melakukan inovasi dan penelitian serta kemanan pangan, memberikan perlindungan kepada pelanggan dan pemasaran yang bertanggung jawab. Pangan menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, keamanan pangan adalah nomor satu.

 

Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan tidak hanya dinilai dari gaji yang layak, tapi mereka juga perlu diberikan pendidikan dan pelatihan untuk terus maju dalam berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, Cimory memperhatikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan karyawannya. 

Di tahun 2022, karyawan Cimory mencapai 3527 orang dengan 962 karyawan perempuan dan 2565 karyawan laki-laki.  Angka terus naik dari tahun sebelumnya dengan jumlah karyawan 2649 orang.