PT Cisarua Mountain Dairy Tbk meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan Food & Beverage (F&B) dengan predikat action
Korporasi

Terapkan ESG, Cimory Raih Predikat Action dalam TrenAsia ESG Award 2023

  • PT Cisarua Mountain Dairy Tbk atau akrab dikenal sebagai Cimory meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan Food & Beverage (F&B) dengan predikat action.
Korporasi
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - PT Cisarua Mountain Dairy Tbk atau akrab dikenal sebagai Cimory meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan Food & Beverage (F&B) dengan predikat action. 

Chief Executive Officer (CEO) PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan penghargaan ini diberikan untuk perusahaan-perusahaan yang berkomitmen menjalankan prinsip bisnis lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, social, and governance/ESG).

“Selamat untuk PT Cisarua Mountain Dairy Tbk yang meraih TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan Food & Beverage (F&B). Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan contoh untuk perusahaan-perusahaan lain di Indonesia,” ujarnya sesaat setelah memberikan penghargaan kepada para pemenang di Raffles Jakarta Hotel, Rabu, 30 Agustus 2023.

Perusahaan yang dikenal dengan nama Cimory ini mendapatkan penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan Food & Beverage (F&B) dengan predikat action berkat penerapan ESG secara intensif.

Langkah nyata Cimory dalam pelestarian lingkungan adalah dengan mengurangi limbah plastik, penghematan air, energi dan manajemen jejak karbon. Guna memberdayakan kaum wanita yang berada di ekonomi kelas menengah bawah. Cimory memiliki gerakan 1000 Srikandi Peternak Indonesia.

Cimory aktif melakukan inovasi dan penelitian serta kemanan pangan, memberikan perlindungan kepada pelanggan dan pemasaran yang bertanggung jawab sebagai bentuk integritas terhadap produk. Selain itu, Cimory juga memperhatikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan karyawannya. 

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” ujar Sukirno lebih lanjut. 

Dalam setahun ke belakang, TrenAsia mencatat berbagai inisiatif ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Indonesia. Perusahaan-perusahaan yang sudah memenuhi aspek ESG telah terbukti resilient di tengah tantangan ekonomi global.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan Aspek ESG telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini semakin tajam. 

Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Perusahaan yang mengedapankan ESG terbukti tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

Ajang TrenAsia ESG Award 2023 dinilai oleh tim dewan juri yang terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Dari hasil penjurian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 akhirnya memutuskan untuk menetapkan 58 perusahaan dan 4 CEO sebagai peraih penghargaan.