<p>Papan nama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI yang akan menjadi bank syariah terbesar di Indonesia, beroperasi mulai 1 Februari 2021. / Istimewa</p>
Korporasi

Terbesar Dalam Sejarah, Pembayaran Zakat BSI Lebih dari Rp122,5 Miliar

  • PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) telah membayar zakat perusahaan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) lebih dari Rp 122,5 miliar.
Korporasi
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah membayar zakat perusahaan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) lebih dari Rp 122,5 miliar.

Total pembayaran zakat perusahaan BSI sebesar Rp 122,5 miliar tersebut,  zakat yang dikeluarkan dari laba perusahaan sebesar Rp 101,5 miliar dan lebih dari Rp 21 miliar yang merupakan zakat non perusahaan.

Direktur Utama BSI, Herry Gunardi menuturkan kenaikan dari zakat tersebut diperoleh dari laba bersih perseroan yang bertumbuh sepanjang 2021. Ada beberapa hal yang memicu terjadinya pertumbuhan kinerja keuangan, salah satunya adalah peningkatan kinerja layanan perbankan, biaya serta tumbuhnya transaksi digital melalui e-channel BSI Mobile.

Tahun 2021, BSI tercatat mendapatkan peningkatan laba bersih 38,42 % atau sekitar Rp 3,03 triliun. Hingga Desember 2021, Tabungan Wadiah tumbuh signifikan mencapai 15,3% secara YoY atau sekitar Rp 34,10 triliun. Sedangan pada periode yang sama, produk tabungan wadiah tumbuh mencapai Rp 99,37 triliun atau kisaran 12, 84%.

Menurut Hery Gunardi, peningkatan zakat perusahaan tidak terlepas dari dukungan masyarakat yang membuat zakat meningkat dan mampu memberikan manfaat yang luas. 

Sepanjang tahun 2021, zakat BSI disalurkan ke dalam tiga program yaitu Mitra Umat, Didik Umat dan Simpati Umat. Penerimanya berjumlah 95.400 orang di seluruh Indonesia.

BSI berusaha memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan kewajiban dalam berzakat dengan menggunakan layanan BSI Mobile. Melalui layanan ini masyarakat dapat lebih mudah menunaikan zakat dimanpun dan kapanpun. 

Selain untuk melakukan pembayaran dan transaksi, BSI Mobile dilengkapi berbagai fitur kebutuhan sosial keagamaan lainnya, seperti membayar zakat, sedekah, lokasi fasilitas ibadah, waktu shalat, penunjukan kiblat dan lain sebagainya.