<p>Kondisi Luwu Utara pascabencana. / Dok. XL Axiata</p>
Nasional & Dunia

Terdampak Banjir Bandang, XL Axiata Rekayasa Jaringan di Masamba

  • Pada Senin malam, 13 Juli 2020, banjir bandang menerjang daerah Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar, bencana itu diakibatkan hujan lebat selama beberapa hari terakhir yang juga dipengaruhi oleh suhu muka laut di Teluk Bone.

Nasional & Dunia
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Perusahaan operator telekomunikasi seluler PT XL Axiata Tbk. (EXCL) melakukan rekayasa jaringan demi menjaga layanannya di daerah Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, yang terdampak banjir bandang pada Senin, 13 Juli kemarin.

Group Head XL Axiata Region East Bambang Parikesit mengatakan di saat bencana seperti ini, layanan telekomunikasi dan data sangat dibutuhkan, baik oleh warga korban maupun aparat penanggulangan bencana.

“Di beberapa titik, bencana banjir telah menyebabkan base transceiver station (BTS) kami tidak bisa beroperasi karena adanya pemadaman aliran listrik. Hal ini bisa dimaklumi karena sangat beresiko jika listrik tetap dialirkan dan ada banjir di situ,” kata Bambang, Rabu, 15 Juli 2020.

Hal ini diantisipasi dengan menyalakan genset untuk beberapa titik BTS yang memang masih memungkinkan dijangkau dan perangkat tidak terendam air. Tim dari pusat monitoring pun melakukan rekayasa jaringan agar layanan untuk pelanggan tetap bisa terjaga.

Sementara untuk lokasi yang tidak bisa dijangkau karena bencana banjir bandang, Bambang menuturkan pihaknya masih menunggu perkembangan kondisi lebih lanjut.

Pantau Kerusakan Akibat Banjir

Dia menyebutkan ada sekitar 28 BTS XL Axiata yang terdapat di Kabupaten Luwu Utara, termasuk di sekitar lokasi bencana. Untuk memastikan keamanan jaringan, saat ini tim teknis juga telah berada di lapangan guna mengecek semua infrastruktur jaringan yang ada di sana.

Menurutnya tim XL Axiata akan terus bersiaga mengantisipasi situasi yang terjadi. Sejumlah persiapan juga dilakukan untuk menghadapi apapun kondisi yang akan datang.

Pada Senin malam, 13 Juli 2020, banjir bandang menerjang daerah Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar, bencana itu diakibatkan hujan lebat selama beberapa hari terakhir yang juga dipengaruhi oleh suhu muka laut di Teluk Bone.

Akibatnya, aktivitas masyarakat setempat menjadi lumpuh. Banyak sarana umum rusak termasuk infrastruktur telekomunikasi. Oleh karena itu, selain menjaga kualitas jaringan, XL Axiata juga turut menyalurkan bantuan yang bersifat darurat untuk warga yang terdampak bencana.